Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Candra Kurnia Pratama

saya adalah seorang mahasiswa saya kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta saya berasal dari kota Kebumen

OBJEK WISATA DI JOGJA

OPINI | 29 May 2011 | 12:54 Dibaca: 2117   Komentar: 4   1

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan pariwisata di Yogyakarta pada saat ini berkembang dengan cepat. Di jogja terdapat berbagai objek wisata yang memikat dan tidak di temukan di kota lain. Mulai dari objek wisata alam, kuliner, petualangan dan minat khusus. Karena lengkapnya dan eksotiknya wisata yang ada, hingga kini jogja masih menjadi daerah tujuan wisata favorit kedua setelah Bali. Selanjutnya kami akan membahas berbagai wisata yang ada di jogja.

B. Rumusan Masalah

1. Apa saja objek wisata alam yang ada di jogja ?

2. Apa saja objek wisata kuliner yang ada di jogja ?

3. Apa saja objek wisata minat khusus yang ada di jogja ?

4. Apa saja objek wisata museum ada di jogja ?

5. Apa saja objek wisata heritage ada di jogja ?

6. Apa saja objek wisata jalan - jalan yang ada di jogja ?

C. Tujuan

1. Mengetahui Apa saja objek wisata alam yang ada di jogja ?

2. Mengetahui apa saja objek wisata kuliner yang ada di jogja ?

2. Mengetahui apa saja objek wisata minat khusus yang ada di jogja ?

3. Mengetahui apa saja objek wisata museum ada di jogja ?

4. Mengetahui apa saja objek wisata heritage ada di jogja ?

5. Mengetahui apa saja objek wisata jalan - jalan yang ada di jogja ?

BAB II

PEMBAHASAN

Yogyakarta merupan salah satu tempat daerah wisata kedua setelah Bali, tempat yang sering dikunjungi turis-turis asing. Selain wisata alamnya yang masih tergolong eksotik dan menarik,seperti pantai dan pegunugan, di daerah ini juga banyak tempat-tempat berlibur keluarga yaitu tempat permainan anak.

1. Obyek Wisata Alam Yang Ada diJogja

a. Kaliurang

kaliurang-2.jpg

Obyek wisata kaliurang berjarak 28 kilometer arah utara dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di dusun kaliurang , Hargobinangun, Pakem, Sleman. Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat, serta menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga. Bersantai dengan keluarga, orang tua bisa bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain di Taman Rekreasi.

b. Pantai Parangtritis dan Depok

parangtritis-3.jpg

pantai parangtritis dan yang lokasinya 27 km dari pusat kota jogja. Pantainnya sangat cantik dengan debur ombak yang keras dan bibir pantai yang terhambar sangat luas dari timur ke barat semua itu adalah ciri khas pantai laut selatan. Tidak jauh daripantai parangtritis terdapat pantai depok yang letaknya kira – kira 2 kmke arah batar dari parangtritis. Salah satunciri unuik dari pantai yang satu ini adalah terdapatnya tempat pelelangan ikan (TPI) yang menyidiakan ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat.

c. Pantai Sundak dan Baron

img_0311.jpgDSC_0447.jpg

Dari balik perbukitan kapur di kabupaten Gunung Kidul, panatai baron dan sundak yang terletak di 23 ke arah selatan dari kota Wonosari km dari atau 65 km dari arah jogjakarta menawarkan indahnya panorama pantai yang sarat dengan karekteristik kehidupan nelayan setempat, dengan banyaknya perahu – perahu nelayan yang terdapat di pinggir pantai dan pasar ikan hasil tangkapan mereka. Lainhalnya pantai sundak pantai yang berlokasi di desa Sidoharjo, kec tepus, kab Gunung kidul ini memiliki fasilitas tambahan seperti tempat berkemah hingga paket wisata.

d. Goa Cerme

Gua merupakan salah satu wisata petualangan yang menghadirkan keindahan dunia bawah tanah yang tidak akan pernah anda temui di permukaan. Lorong-lorong gua dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, benar-benar memberikan sebuah sensasi petualangan yang sangat menggairahkan. Panjang gua ini seluruhnya kurang lebih 1,2 Km dalamnya mengalir sungai bawah tanah yang aman buatkegiatan Caving Goa Cerme terletak kira-kira sekitar 15 Km tenggara kota Bantul.

2. Obyek Wisata Kuliner Di Jogja.

a. Bakpia Pathuk

Bakpia itu sendiri sebenarnya adalah sejenis penganan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan minyak kelapa yang basannya di idi dengan adonan kacang hijau. Sementara, nama pathuk sebenarnya kampung yang terletak di jl.K.S. Tubun, yang berada di wilayah kecamatan ngenpilan, Yogyakarta. Uniknya, lantaran di produksi dalam satu kampung yang sama, setiap rumah industri bakpia di kampung ini memberi merek dagangan mereka dengan nomer tertentu, misalnya bakpia pathuk 25, bakpia pathuk 75 dan sebagainnya. Konon pula, sebagain besar nomer yang di jadikan merek dagang mereka justru diambil dari nomer rumah yang di patenkan dan di jadikan home industri bakpia tersebut.

b. Gudeg Winjilan

Selain identik dengan kota pelajar dan kota budaya, jogja di kenal dengan kota gudeg. Boleh di kata, hanpir di setiap sudut kota, mulai dari pagi hingga malam hari,kita bisa menjumpai penjual gudeg yang menggelar dagangab mereka, mulai dari kelas pinggiran jalan hingga kelas lestauran. Akan tetapi sekalipun masakan gudeg ini bisa di jumpai di setiap sudut kota jogja, namun salah satu tempatyang paling kondang dan sangat di rekomendasikan bagi para wisatawan ketika ingin bersantap gudeg adalah di kawasan winjilan. Kampung winjilan, yang terletak di sebelah timur alun –alun utara keraton jogjakarta ini, hingga kini selalu menjadi jujukan para wisatawan - baik domestik maupun manca ketika ingin mencicipi masakan gudeg di kota tempat lahir masakan ini.

3. Obyek Wisata minat khusus di Jogja

a. Panjat Tebing Pantai Siung

Ungkapan, “Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”, rasanya memang cocok kalo menggambarkan perjalan ke Pantai Siung. Dikenal dengan keindahan pasir putihnya dan eksotisme tebing karangnya, Pantai ini terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya 70 Km dari pusat kota Yogyakarta dan ditempuh selama 2 jam perjalanan. Rute yang harus dilalui benar - benar menantang. Di mulai dari Pathuk (kecamatan pertama di Gunung Kidul yang dijumpai)

b. Merapi Golf

Untuk menuju ke lokasi Merapi Golf dapat ditempuh dengan waktu 30 menit  dari kota Yogyakarta. Merapi Golf ini berada diketinggian 800 m diatas permukaan laut. Perpaduan keindahan alam dan kesegaran cuaca pegunungan, lansekap berbukit-bukit yang menantang dengan bebatuan gunung yang telah berumur berjuta-juta tahun menjadikan lapangan golf ini sebagai salah satu lapangan yang paling menarik di Jawa Tengah dan tak mudah dilupakan.

c. Kebun Agrowisata

buahnaga1.jpg

Objek wisata minat khusus yang masuk dalam kategori agrowisata adalah Kebun Agrowisata “Kusumo Wanadri”, sebuah lokasi yang berdekatan dengan objek wisata Pantai Glagah ini, dulunya hanyalah semak belukar yang menjadi lahan bagi preman-preman kampung untuk beraksi. Dengan kerja keras Romo Paulus yang dibantu oleh Edi Purwanto, berhasil membudidayakan Buah Naga pada tahun 2003. Buah Naga yang dijuluki ”King of the Fruit” atau rajanya buah ini

d. Rambling Through Kotagede

Di kawasan Kotagede, kota kecil yang terkenal dengan kerajinan perak dan makanan khas yangko ini terletak sekitar 8 kilometer arah tenggara kota Yogyakarta. Sisa-sisa keaslian dari beberapa abad silam, peninggalan masa kerajaan Mataram Islam yang berjaya pada abad ke-16, masih bisa ditelusuri jejaknya.

4. Objek Wisata Museum

a. Musium Negeri Sono budoyo

Menarik, unuk , dan langka. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan puluhan ribu koleksi benda – benda yang berada dalam Musium Negeri Sonobodoyo. Lokasinya berada tepat di sebelah utara Alun – Alun Utara keraton Yogyakarta.

b. Monumen Jogja Kembali

Jogja yang juga di kenal sebagai kota perjuangan menyimpan sejarah yang takkan terlupakan, yakni monumen serangan umun 1 Maret 1949 atau yang juga di kenal dengan enam jam di kota jogja. Pertempuran ini lha yang menjadi awal pembuktian pada dunia internasional bahwa TNI masih mempunyai kekuasaan untuk mengadakan perlawanan serta menyatakan bahwa Repunlik Indonesia masi ada.

c. Benteng Vredeburg

benteng-vredeburg-tampak-depan1.jpgMusim benteng vredeburg merupakan sebuah musium yang memanfaatkan bangunan asli benteng vaderburg sebagai sarana untuk memamerkan berbagai macam koleksinya. Karena di tempat ini kita bisa menemukan lagi jejak – jejak kolonialisme belanda di Jogja.

d. Musium Batik

museum batik merupakan salah satu warisan seni budaya asli Indonesia, seni melukis di atas kain dengan motif-motif yang cantik ini rupanya telah

berkembang semenjak beberapa abad yang lampau. Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah kita menjaga warisan seni budaya yang satu ini agar tidak hilang ditelan roda zaman atau bahkan diambil paksa menjadi milik budaya negara lain.

5. Objek Wisata Haritage

a. Kraton Yogyakarta

kraton-yogyakarta1.jpgSalah satu keistimewaan kota Jogja yang masih terjaga hingga kini adalah masih bernafasnya Kraton Yogyakarta dengan Sultan sebagai sang Raja sekaligus juga menjadi pemimpin pemerintahan kerajaan. Jejak kebesaran kerajaan Mataram Islam ini masih bisa kita temukan dengan menyambangi kompleks Kraton Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1755.

6. Objek Wisata Jalan-jalan

a. Malioboro

malioboro-kini.jpgNama sebuah jalan yang membujur dari stasiun Tugu hingga arah Kraton Yogyakarta ini memang sudah keliwat populer dan sudah hampir sama tetap menyisakan romantisme kota Jogja dari waktu ke waktu. Jika anda menyusuri jalan ini dari arah utara ke selatan, anda akan menjumpai ratusan pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya di sisi barat jalan. Mulai dari penjual kerajinan dan cindera mata,tas, sepatu, hingga tukang lukis wajah, semuanya bisa ditemui di sana.

b. Kebun Binatang Gembira Loka

Selain bisa melihat aneka binatang, objek wisata yang satu ini juga sangat layak untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Lokasinya yang berada di dalam kota membuatnya mudah dicapai dengan segala jenis kendaraan umum seperti becak, andong, dan bus kota.

c. Perayaan Sekaten

Salah satu ritual tradisi di Kraton Yogyakarta yang masih digelar hingga kini dan sayang untuk anda lewatkan adalah perayaan Grebeg. Perayaan Grebeg ini sebenarnya adalah tradisi Kraton Yogyakarta sebagai perwujudan sedekah Sultan sebagai raja kepada rakyatnya yang disimbolkan dengan gunungan yang berisi sayur-sayuran, buah-buahan dan jajanan pasar lainnya. Tiap tahun Kraton Yogyakarta menggelar 2 macam Grebeg, yakni Grebeg Syawalan dan Grebeg Maulud. Namun yang paling ramai dirayakan adalah Grebeg Maulud atau Grebeg Sekaten yang ditujukan untuk memperigati Maulud Nabi Muhammad SAW.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Yogyakarta merupakan sebuah provinsi yang terletak di selatan pulau Jawa, di sana tersimpan banyak kekayaan alam dan objek wisata di dalamnya yang yang tergolong masih sangat natural, jadi sangat menarik para wisatawan untuk mendatangi kota Jogja. Selain terkenal dengan pantainya yang sangat indah, di sana juga banyak peninggalan-peninggalan kerajaan pada zaman dahulu, seperti cadi-candi. Selain itu jogja juga masih terkenal dengan ketradisionalannya, yaitu dengan adanya Kraton Yogyakarta yang dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono X. Banyak juga peninggalan Belanda di sana, seperti benteng-benteng. Kita sebagai warga negara yang cinta tanah air wajib menjaga tradisi dan kelestarian alam, agar peninggalan-peninggalan nenek moyang kita masih tetap terjaga.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Indahnya Rumah Tradisional Bali: Harmoni …

Hendra Wardhana | | 26 October 2014 | 06:48

Perjuangan “Malaikat Tak …

Agung Soni | | 26 October 2014 | 09:17

Ayo, Tunjukkan Aksimu untuk Indonesia! …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 16:24

Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku …

Indria Salim | | 26 October 2014 | 01:02

Bagi Cerita dan Foto Perjalanan Indahnya …

Kompasiana | | 22 October 2014 | 17:59



HIGHLIGHT

Rahasia Mantan …

Witri Prasetyo Aji | 7 jam lalu

Kompasiana …

Siti Nur Hasanah | 7 jam lalu

Menelusuri Pusat Keramaian Pusat Kota Malang …

Muhammad Azamuddin ... | 8 jam lalu

Perawatan Penyakit pada Sistem Pernapasan …

Meli Yunita Agustin | 8 jam lalu

Dari Pameran Foto Arsip …

Ade Aryana Uli Pan... | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: