Tips Jalan-Jalan Hemat ke Hongkong

OPINI | 22 June 2011 | 08:44
14596 12 3

“Wah mahal juga ya jalan-jalan ke Hong Kong, ” pikir saya, begitu seorang teman menyebutkan ongkos yang harus dibayar kepada agen perjalanan sebesar Rp 7 jutaan. Karena pengen jalan-jalan ke luar negeri dengan ongkos yang lebih murah, saya coba merencanakan jalan-jalan sendiri tanpa jasa travel. Dan setelah sibuk browsing tiket pesawat dan hotel, saya pun tersenyum cerah karena jalan-jalan ke Hong Kong selama 4 hari 3 malam bisa dilakukan dengan biaya Rp 4 jutaan.

Bagi yang berjiwa petualang, pengen jalan-jalan dengan lebih hemat, menyukai tantangan, tidak takut tersesat, dan bersedia sedikit meluangkan waktu untuk menyiapkan perjalanan sendiri, silakan baca paragraf selanjutnya (hehe bagaimanapun ini bukan iklan lowongan pekerjaan). Tapi jika Anda adalah turis yang menyukai kepastian, kenyamanan, dan tidak mau repot, tips mujarab adalah buka koran, cari iklan biro perjalanan dan segera telepon salah satunya. Atau google saja biro perjalanan, pilih paket yang disediakan, dan lakukan reservasi. Then fly happily ever after with them (hehe ini juga bukan tips menjadi Cinderella).

Oke, berikut sekadar berbagi pengalaman tentang bagaimana mempersiapkan agar acara jalan-jalan hemat ke Hong Kong berjalan lancar dan menyenangkan. Yang pertama perlu dipastikan adalah tiket pesawat dan penginapan.

1. Tiket pesawat

Beberapa penerbangan menyediakan tiket pesawat yang terjangkau ke Hongkong. Sayangnya yang akan saya sebutkan tidak berbasis di Jakarta. Sebut saja Air Asia yang terbang dari Kuala Lumpur, Tiger Airways terbang dari Singapura, dan Jet Star yang juga terbang dari Singapura walaupun ada yang langsung dari Jakarta tetapi sedikit lebih mahal. Sebagai gambaran, harga wajar tiket Tiger Airways Singapore - Hongkong pp adalah 243 SGD atau Rp 1.700.000,- dengan kurs 1 SGD = Rp 7.000,-.

Bagaimana dengan waktu pemesanan, apakah harus jauh-jauh hari? Pengalaman saya dengan Tiger Airways, waktu pemesanan tidak terlalu berpengaruh terhadap harga tiket. Saya memesannya 8 hari sebelum keberangkatan dan saat saya mencoba mencari tiket untuk keberangkatan 3 bulan kemudian harganya sama.

Untuk Anda yang tidak terlalu terikat dengan pekerjaan, mungkin bisa memesan tiket jauh-jauh hari bahkan 1 tahun sebelumnya. Air Asia merupakan salah satu penerbangan yang sering menawarkan tiket sangat murah. Saya cenderung memesan tiket dengan waktu yang tidak terpaut jauh karena pertimbangan uncertainty factor.

2. Hotel

Biaya hotel di Hong Kong memang mahal. Kalau Anda bepergian seorang diri, lebih baik cari hostel atau guest house. Harganya berkisar antara Rp 200 - 300 ribu per malam per orang untuk 1 tempat tidur. Tapi tentu saja berbagi kamar dengan orang lain. Satu ruangan bisa ditempati 4 s.d 10 orang. Bagi yang senang bertemu orang baru (sebagian orang menyebutnya ”orang asing”) dan berbagi pengalaman, pilihan ini tepat. Kalau cocok, browse saja di Hostel World.

Kalau mau menginap di hotel dengan biaya murah, tentunya lebih enak bepergian dengan 2 atau 3 teman lainnya sehingga biaya bisa dibagi. Coba cari hotel melalui Agoda, Asia Travel, atau Booking. Untuk membandingkan harga hotel di semua website tersebut, manfaatkan fasilitas yang disediakan Trip Advisor. Harga hotel di daerah pinggir tentu saja lebih murah. Dan jangan kuatir, Hong Kong menyediakan sarana transportasi yang sangat memadai bahkan jika Anda mau menginap di pulau luar. Hanya pertimbangkan waktu tempuhnya.

Selain 2 hal di atas, agar perjalanan menjadi lebih terencana dan “faktor ketersesatan” dapat diminimalkan coba langkah berikut :

1. Lihat ittinerary yang ditawarkan oleh beberapa biro perjalanan, buat referensi cek ini.

2. Baca pengalaman orang-orang yang pernah melakukan travelling ke Hongkong tanpa agen travel.

3. Jangan lewatkan situs resmi badan pariwisata Hong Kong (Discover Hong Kong).

Dari link Things to Do, Anda bisa mendapatkan info-info menarik dan praktis. Kalau mau menjelajah Hong Kong dengan berjalan kaki (tentunya dikombinasikan dengan naik MTR, bus, atau ferry) jangan lupa unduh petunjuknya.

Beberapa file pdf yang bisa didownload untuk panduan Hong Kong Walk adalah :

- Tsim Sha Tsui (termasuk Symphony of Light dan Nathan Road),

- Garden Road Leisure Walk (termasuk Peak Tram),

- Yau Ma Tei dan MOngkok (untuk panduan shopping hemat)

- Wong Tai Sin & Kowloon City (kota lama dan kuil)

- Yuen Long (kota lama dan kuil)

- Walled village Fanling

Kalau mau melihat pusat-pusat perbelanjaan, cek shopping dan jangan lewatkan tips berbelanja yang diberikan.

4. Download peta MTR (KRL modern-nya Hong Kong).

5. Kalau Anda Muslim, persiapkan daftar tempat makan halal. Silakan cek di sini.

Demikian tips singkat mempersiapkan jalan-jalan hemat tapi nyaman ke Hong Kong. Selamat berpetualang.

Tags: Array

Tulis Tanggapan Anda
Guest User

Menyiasati Kejenuhan Menulis

Memasuki tahun ke 4 di Kompasiana pernah dalam satu tahun ...

Menulis, Bukan Untuk Menutupi Status Pengangguran

Menulis itu hak siapa saja. Bahkan burung-burungpun menulis ketika ia ...

Kompasianer, Mari Belajar Menulis dari Bu Anni  

Ada seorang penulis di Kompasiana belakangan ini yang fenomenal. Namanya ...