Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Hotel-hotel Berhantu di Bandung

REP | 24 January 2012 | 06:12 Dibaca: 39078   Komentar: 22   3

1327344571892962217

Saya pernah dines malem di Hotel ini, dari teras resto kita bisa melihat lembah di bawah. minjem dari om google.

Seneng dengan yang serem-serem,  Mengapa tidak ke Bandung? selain kota kuliner dan belanja, Bandung juga tempat yang pas buat ngadu nyali. Bertahun-tahun tinggal dan nguli di kota ini saya tahu ada beberapa lokasi yang keren banget buat ngetes diri,  apakah kita termasuk pemberani atau penakut?

Lokasi -lokasi berhantu  bertebaran di kota ini, mulai dari jalan raya , tempat belanja, rumah sakit, sekolah, sampai tempat penginapan atau hotel. Mengapa tempat angker itu hampir merata adanya? Coy, dulu Bandung adalah tempat yang di sukai oleh orang-orang Belanda.

Karena itu mereka banyak membangun gedung di Bandung, Kerennya,  walau mereka penjajah tapi kualitas bangunan bolehlah di acungi jempol, Sampai sekarang gedung-gedung peninggalan Belanda itu masih berdiri kokoh dan di antara gedung tersebut ada yang menjadi hotel.

Dari sini udah dapet ditebak, hotel-hotel mana aja yang berpotensi berhantu, walau tidak menutup kemungkinan hotel-hotel baru juga berhantu. Cerita-cerita tentang penampakan hantu di hotel-hotel di Bandung, terbagi atas dua Versi.

Versi pertama, cerita itu sudah menyebar dan telah menjadi komsumsi publik, artinya tidak hanya anak hotel yang tahu tapi sebagian masyarakat Bandung juga udah pada tahu.

Versi kedua, Cerita yang hanya beredar di kalangan anak hotel saja, mengapa cerita-cerita itu  tidak menyebar? Hotel adalah badan usaha yang mengandalkan citra,  Coba bayangkan jika masyarakat tahu kalo hotel A ternyata ”berpenghuni”. Apa enggak membuat tingkat penghunian kamar merosot?

Tulisan ini tidak akan menyebut nama hotel secara langsung, saya akan menyamarkannya, tapi kalo anda orang Bandung, saya kira anda dapat menebak hotel mana yang di ceritain dalam tulisan ini.

Hotel pertama, terletak di jalan merdeka, dekat dengan rel kereta Api, berbagai cerita menyeramkan, pernah saya dengar dari beberapa teman yang pernah nguli di hotel ini.  Penampakan yang paling fenomenal adalah hantu tampa kepala. Konon hantu ini lah yang membuat beberapa tamu mengurungkan niatnya untuk menginap.

Ketika itu sudah larut malam, ada  tamu yang sudah lelah lalu mereka pun segera menuju kamar setelah sebelumnya menulis beberapa form isian, nah, sebelum masuk ke kamar, tepatnya di lorong panjang atau koridor  mereka melihat penampakan  hantu tampa kepala.

Tampa di komando mereka langsung ngacir dan memutuskan untuk pindah hotel. Belum di dapat info, mengapa ada hantu tampa kepala menjadi penghuni hotel ini?

Hotel kedua, Terletak di sekitar Puncrut, saya sendiri pernah nguli di hotel ini, dan pernah merasakan secara langsung betapa seramnya aura hotel ketika malam sudah merayap, pernah saya dapat tugas malam, sebagai petugas  room service, saya kebagian tugas mengumpulkan kertas yang di tempel di pintu kamar, kertas itu berisikan, pertanyaan, mau makan pagi pake apa?

Saya sempat dag dig dug der,  ketika harus melewati koridor yang panjang dan sepi, belum lagi cerita dari beberapa senior bahwa dari lembah bawah pernah ada penampakan hantu-hantu yang berpenampilan orang-orang kerajaan jaman dahulu. untungnya mereka tidak pernah mengganggu. Tapi tetep aja yang namanya hantu bisa bikin kita panas dingin karena ketakutan.

Hotel ketiga, terletak di sekitar jalan dokter rum, Saya sempat sebentar nguli di hotel ini, tapi cerita hantu dan penampakan yang terjadi sangat banyak. Kejadian penampakan yang paling saya ingat adalah, hantu lift, gile, serem amir.

Seorang rekan, pernah di kerjain oleh hantu lift, ceritanya, ketika masuk lift tiba-tiba tampa di sadarinya lift naik sendiri ke lantai paling atas,  hotel ini punya kolam renang di lantai paling atas, kemudian pintu lift pun terbuka sendiri di lantai paling atas, setelah celingak-celinguk ternyata tidak ada seorang pun di sana.

karuan saja kejadian ini membuat dia trauma masuk lift sendirian apalagi kalo masuk malam.

Hotel keempat, terletak d taman sari, saya sendiri yang mengalaminya, waktu itu sehabis magrib, saya dan teman iseng mengunci ‘’seorang teman” yang kami sangka berada dalam sebuah ruangan teknisi,karena terdengar suaranya dari luar.  tetapi setelah di kunci dari luar, kok ”teman ini” diam saja?

Lalu dengan penasaran saya dan teman pun membuka ruangan itu, Aneh bin ajaib, ternyata enggak ada siapa-siapa di ruangan itu, karuan saja hal ini membuat kami pontang-panting ketakutan. Akhirnya kami mendapat cerita dari pak satpam yang sudah bekerja lama di hotel itu.

Menurut pak satpam, hotel tua itu  memang berhantu, pernah suatu malam, hantu itu menggoyang-goyang tempat tidur tamu, sehingga akhirnya tamu tersebut memutuskan pindah hotel.

Hotel kelima, sebenarnya lokasinya agak jauh dari Bandung, tepatnya di daerah Lembang, hotel ini termasuk hotel paling tua di jawa Barat atau malah di Indonesia. Dulu, saya sempat PKL di hotel ini, Berbagai cerita menyeramkan saya dapatkan dari beberapa staf hotel.

Penampakan orang Belanda di sebut-sebut paling sering terjadi, enggak heran, karena hotel ini dulunya tempat ngumpul orang Belanda.

Bagaimana dengan hotel yang terletak di jalan Asia Afrika, bukankah di sana ada dua hotel tua peninggalan Belanda? Charlie Caplin pernah menginap di salah satu hotel ini, ketika berkunjung ke Bandung. Kalo tentang dua hotel itu saya belum dapat ceritanya.

Tapi yang jelas, Bandung emang ‘’seram” di waktu malam, apalagi kalo anda berjalan-jalan sendirian terutama di sekitar jalan Siliwangi, deket kampus ITB, kemudian jalan Cipaganti, karena banyak pohon tua yang besar-besar, kalo anda pake motor kemudian motor anda mogok di jalan Cipaganti, alamat anda akan merasakan aura yang sangat menyeramkan. Apalagi kalo habis hujan, jangan sampai deh…

Jadi, bagi anda yang suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan penampakan, mengapa tidak mencoba menginap di hotel-hotel yang ‘’seram” tersebut?

Saya sendiri tinggal di daerah pelesiran, Cihampelas, di daerah Champelas, ada  sebuah sekolah tua peninggalan Belanda, saya pernah mendengar cerita seram tentang tolilet sekolah . sekolah itu memang punya pohon tua yang seram banget.

Saya enggak membayangkan, kalo harus jadi penjaga sekolah tersebut,  alangkah mengerikan, setiap malam harus merasakan aura yang mencekam. Selamat malam, semoga anda tidak membaca tulisan ini sendirian. Salam Penampakan. hihihihi. Menirukan suara kunti.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kekecewaan Penyumbang Pakaian Bekas di …

Elde | | 25 October 2014 | 12:30

Rafting Tidak Harus Bisa Berenang …

Hajis Sepurokhim | | 25 October 2014 | 11:54

10 Tanggapan Kompasianer Terhadap Pernikahan …

Kompasiana | | 25 October 2014 | 15:53

Dukkha …

Himawan Pradipta | | 25 October 2014 | 13:20

Ayo, Tunjukkan Aksimu untuk Indonesia! …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 16:24


TRENDING ARTICLES

Jokowi Bentuk Kabinet Senin dan Pembicaraan …

Ninoy N Karundeng | 8 jam lalu

Kursi Gubernur Ahok dan Ambisi Mantan Napi …

Zulfikar Akbar | 13 jam lalu

Jangan Musuhi TVOne, Saya Suka Tendangan …

Erwin Alwazir | 14 jam lalu

Jokowi Ajak Sakit-sakit Dulu, Mulai dari …

Rahmad Agus Koto | 14 jam lalu

Gayatri, Mahir Belasan Bahasa? …

Aditya Halim | 18 jam lalu


HIGHLIGHT

Resep Kerupuk Seblak Kuah …

Dina Purnama Sari | 8 jam lalu

“Sakitnya Tuwh di Sini, di …

Handarbeni Hambegja... | 8 jam lalu

Kabinet Stabilo …

Gunawan Wibisono | 8 jam lalu

Sofyan Djalil dan Konsep yang Belum Tuntas …

Edy Mulyadi | 8 jam lalu

Dikelilingi Nenek-nenek Modis di Seoul, …

Posma Siahaan | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: