Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Bayuaji

penikmat bus antar kota antar provinsi(akap).

Rumah Makan dan Bus AKAP

REP | 05 May 2012 | 21:56 Dibaca: 4628   Komentar: 6   0

anda pengguna bus antar kota antar provinsi(akap)? tentunya biasa dalam perjalanan, bus akap akan berhenti di rumah makan tertentu dalam perjalanan. rumah makannya, boleh jadi jelek, lumayan, atau bagus.

jika menggunakan po eka patas surabaya-jogja tentunya paham bila bus sudah berhenti di rumah makan duta. ya, siap-siaplah untuk turun dan menukar kupon makan dengan sepiring nasi atau semangkok soto. ada beberapa pilihan. hmmm….karena habis berjalan lumayan jauh, ditambah lapar maka saat makan bikin lidah hmmm maknyuss.

atau jika menggunakan bus efisiensi patas jogja-purwokerto/cilacap, tentunya bus akan berhenti di rest area wonosari. tentu di sini tidak akan makan besar, karena paling-paling hanya ada makanan ringan atau paling banter adalah mie seduh.

atau anda penumpang bus po sumber alam patas semarang-cilacap pasti akan berhenti di rumah makan sumber alam ngandong. di sini anda bisa makan. ditambah kondisi perut lapar setelah berjalan dari semarang/cilacap maka adanya berbagai macam menu tentu saja menambah selera untuk makan. lagi-lagi dijamin maknyuss…..

bagi penumpang bus dari jogja ke arah jakarta/merak/sumatera biasanya bus akan berhenti di antara kebumen sampai gombong. ya, penumpang bus rosalia indah, putra remaja atau angkutan travel akan berhenti di rumah makan lestari karanganyar. lagi-lagi di sini juga tersedia menu yang maknyuss juga. apalagi bagi penumpang po rosalia indah atau po putra remaja, sudah ada kupon yang bisa ditukar.

ya, menunya setengah prasmanan. karena untuk lauk biasanya berupa sepotong ayam dan sepotong tahu/tempe atau buah hanya boleh mengambil satu potong saja. untuk sayur, krupuk, dan nasi biasanya petugas rumah makan lestari tidak akan melarang jika kita mengambil banyak. lumayan bisa makan kenyang.

jika anda menumpang bus po maju lancar atau po citra adi lancar maka lokasi istirahat adalah di rumah makan jakarta selepas karanganyar. lumayan jauh juga, bila perjalanan dimulai dari wonosari. begitu ngaso pasti pengen segera makan supaya kenyang.

atau anda penumpang po sumber alam tujuan jakarta, maka tempat istirahatnya adalah rumah makan sumber alam di ajibarang. ya, lumayan jauh juga jika berangkat dari jogja. di sini karena tidak ada kupon  makan maka bersiap-siaplah untuk merogoh kocek. rumah makannya pun hanya di isi bus sumber alam. jika anda turun ingatlah selalu nomor polisi bus yang anda naiki, karena sejauh mata memandang maka hanya terlihat bus yang sama.

bagi pengguna bus sinar jaya, jika lewat jalur selatan maka bus biasanya berhenti di ciamis. wouw sudah masuk wilayah jawa barat. jauh juga jika anda memulai perjalanan dari jogja/purworejo. jika lewat pantura, bus sinar jaya akan berhenti di rumah makan panorama, prupuk. yah, ternyata jauh juga. sudah dekat ke brebes maupun tegal.

meski merupakan tempat pemberhetian bus, menu rumah makan tersebut lumayan. pasti akan ketemu ayam goreng, telur asin, rendang, dan sayur semacam cap cay. rasanya tentu maknyuss juga. rumah makan-rumah makan terseut juga dijamin buka 24 jam.kebersihannya juga relatif terjaga.

rumah makan di jalur selatan jawa ini jauh lebih bersih, lebih enak, dan lebih murah bila dibandingkan rumah makan di pantura jawa barat. di pantura jawa barat bahkan ada rumah makan tempat pemberhentian bus akap yang sangat tidak layak. tempatnya kotor dan mck nya mengenaskan.

seringkali bahkan air tidak mengalir. selain itu ketika musim ramai penumpang, bahkan rumah makan tersebut tidak punya stok nasi. rasa masakan juga tidak karuan serta harga yang mahal.

ya. saya pernah menyampaikan keluhan ke kru bus yang tempat berhentinya di rumah makan tersebut. apa jawab si kru, gimana lagi mas wong itu sudah ketentuan dari manajemen bus. ternyata rumah makan itu jadi tempat istirahat tersebut telah dimulai sejak si bus merintis rute ke jakarta.

jadi tidak elok bila kini setelah armadanya cukup banyak meninggalkan si rumah makan. si kru bus juga bercerita, sebenarnya keluhan penumpang soal rumah makan sudah diketahui. namun manajemen bus masih tetap setia dengan si rumah makan. harap maklum ternyata si pengurus rumah makan ternyata juga mengurusi bus jika ada persoalan/masalah/kecelakaan di pantura.

akhirnya daripada harus makan di rumah makan tersebut, saya memilih untuk membawa bekal sendiri dan tidak akan membeli apa pun dari si rumah makan. begitu berhenti di rumah makan tersebut saya hanya jalan-jalan saja melihat bus yang sedang berhenti.hanya berharap si rumah makan mau berubah, jika banyak penumpang yang tidak mau membeli masakannya. atau berharap si bus tidak lagi berhenti di rumah makan tersebut. semoga

salam dari lombok

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Saat Hari Anak Nasional Terlupakan oleh …

Topik Irawan | | 23 July 2014 | 18:53

Parcel Lebaran Dibuang ke Jalan …

Roti Janggut | | 23 July 2014 | 17:43

Efek Samping Kurikulum “Cepat Saji” …

Ramdhan Hamdani | | 23 July 2014 | 18:46

Mengejar Sunset dan Sunrise di Pantai Slili …

Tri Lokon | | 23 July 2014 | 20:12

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Akhirnya Prabowo-Hatta Melangkah ke MK …

Bang Pilot | 7 jam lalu

(Saatnya) Menghukum Media Penipu …

Wiwid Santoso | 8 jam lalu

Setelah Kalah, Terus Apa? …

Hendra Budiman | 8 jam lalu

Jokowi Raih Suara, Ahok Menang Pilpres …

Syukri Muhammad Syu... | 9 jam lalu

Kata Ahok, Dapat Jabatan Itu Bukan …

Ilyani Sudardjat | 16 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: