Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Jalan - Jalan ke Phuket, Kuta-nya Thailand

REP | 13 August 2012 | 20:29 Dibaca: 4017   Komentar: 0   1

Setelah Bangkok, Phuket adalah destinasi wisata populer banyak pelancong Indonesia baik plesiran individual maupun bersama keluarga di Thailand. Tidak seperti Bangkok yang banyak menawarkan daya tarik wisata metropolitan, Phuket lebih terkenal dengan wisata alam terutama pantai dan panorama laut, dengan destinasi utama pantai Patong dan Phi Phi Island yang legendaris. Dengan kata lain, dalam konteks persamaan destinasi wisata di Indonesia, Phuket adalah Kuta-nya Thailand. Selain itu, seperti pada umumnya ciri khas wisata dimanapun di Thailand, wisata kuliner adalah bagian penting bagi banyak pelancong yang layak dicoba bila berkunjung ke Phuket.

Transportasi dari dan ke Phuket dan transportasi lokal

Umumnya pelancong mayoritas menggunakan moda transportasi udara yang cepat dan bila beruntung dan dipesan jauh hari, murah. Dari Jakarta, penerbangan langsung ke Phuket hanya dilayani oleh Air Asia dan sementara, jika anda mau perjalanan transit, khusus low cost carrier pilihlah Jetstar atau Tiger Airways dari negara tetangga, Singapura. Tentu saja tersedia banyak service based carriers seperti Malaysia Airlines, Silk Air, Thai Airways, dan lain lain yang setiap hari berangkat ke Phuket. Namun, bagaimana bila anda ingin mencoba perjalanan ke Phuket dengan sensasi petualangan? Cara terbaik dan termurah adalah menggunakan transportasi darat dari Malaysia. Negara bagian terdekat di Malaysia yang setiap hari melayani banyak wisatawan adalah Penang. Dari Penang, tepatnya di Prangin Mall Komtar, tersedia minivan yang melayani Penang-Hat Yai, kota penting lain di Thailand bagian selatan dengan alam perjalanan 3 sampai 4 jam. Dari Hat Yai ke Phuket sendiri normalnya dapat ditempuh selama kurang lebih 9 jam, dengan transportasi bis umum dengan banyak pilihan dari kelas ekonomi hingga eksekutif yang tersedia setiap satu jam hingga jam 12 malam.

13448439341190376385

Bus Hat Yai - Phuket

1344843742443251979

Minivan Penang - Hat Yai

Kondisi jalan dari Penang hingga masuk ke perbatasan kedua negara sangat bagus dengan suguhan hutan tropis dan kampung-kampung muslim khas selatan Thailand. Jalur ini selain nyaman karena infrastruktur jalan yang sangat mulus, juga aman karena jauh dari pusaran konflik di timur Thailand selatan.

Sementara transportasi umum lokal di kota Phuket dan sekitarnya tersedia namun terbatas, khususnya dalam kota. Phuket Airport ke Patong adalah 500 Bath/trip. Hampir semua transportasi lokal berbentuk tuk tuk, yang berbeda bentuk dari tuk tuk di Kota Bangkok, yang untuk menaiki ini kita harus selalu menawar, yang biasa nya untuk jarak terdekat adalah 200 Bath di wilayah Patong.

Yang harus dilakukan di Phuket

Banyak turis asing menghabiskan waktunya di Phuket dengan menginap di Patong Beach, suatu daerah pantai yang sangat mirip dengan pantai Kuta di Bali. Pantai Patong terletak 20 kilometer dari kota Phuket dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit yang dilayani bis ekonomi umum dengan tiket 25 Bath per orang. Selain pantai Patong, juga terdapat pantai-pantai lain berdekatan yaitu, Karon Beach, Kata Beach dan Kamala Beach. Pantai-pantai di Phuket pada umumnya berpasir putih dan bersih serta, pada musim tertentu, tidak berombak. Pantai Patong merupakan pantai pasir putih terpanjang di pulau Phuket dengan ombak yang tenang khususnya selama bulan Januari hingga Mei. Hampir diseluruh pinggir pantai tersedia bangku pantai berpayung yang bisa disewa sebesar 100 Bath per kursi sepuasnya selama anda bermain dipantai.

13448445461664106481

Khai Island

Pantai Patong merupakan episentrum utama bagi turis internasional karena segala jenis kebutuhan wisata mulai dari kuliner, kuliner, shopping mall, hotel, hingga klub malam tersedia disini, dengan lokasi yang berdekatan. Pusat belanja terkenal di Pantai Patong adalah Jungceylon Mall yang terdapat berbagai outlet diantaranya Robinson, supermarket, produk elektronik, toko olahraga, suvenir, dan restoran. Sore hari mulai jam 5 hingga tengah malam, persis dihalaman Banzaan Market, tersedia Banzaan night market yang utamanya menjual berbagai jenis kuliner Thailand termasuk buah-buahan dan makanan yang bernuansa melayu atau sumatera, seperti kari karena banyak penjualnya merupakan muslim Thai. Harga makanan bervariasi per porsi mulai dari 20 Bath hingga 100 Bath. Pada pagi hingga sore hari, Banzaan Market merupakan pasar modern yang mirip seperti pasar BSD Serpong, yang menjual hampir seluruh produk basah dan kering termasuk sayur, buah, hasil laut, dan daging halal.

200 meter dari Banzaan Market berhadapan dengan pintu masuk utara Jungceylon Mall, terdapat Bang La Road yang terkenal dengan kehidupan malam dengan berbagai macam bar, diskotik dan live music. Jangan kuatir mengenai akomodasi, di Pantai Patong tersedia berbagai jenis hotel dari bintang 5 hingga kelas backpack. Seperti di kawasan pantai Kuta, semua tempat menarik di Patong sangat mudah dicapai dengan berjalan kaki dan berdekatan. Selain itu, komunitas Muslim di Phuket sangat banyak sehingga makanan halal atau pun masjid sangat mudah ditemui di Phuket Town atau Patong Beach. Selain itu, Patong Hard Rock Café juga terdapat 500 meter dari Jungceylon Mall.

13448459961004279332

Masjid Patong

Kegiatan puncak wisata Phuket, biasanya orang beranggapan belum ke Phuket kalo tidak ke Phi Phi Island. Banyak sekali paket ditawarkan agen tur lokal dengan harga bervariasi tergantung jenis kapal motor yang digunakan. Harga untuk kapal cepat ditawarkan hingga 2.200 Bath harga di brosur, namun umumnya dapat diperoleh, bila pintar menawar 1.000 hingga 1.500 Bath per orang. Untuk kapal yang lebih besar dan otomatis lebih lambat, harga per orang adalah 750 Bath. Ada 4 lokasi tur yang biasanya diberikan untuk ke Phi Phi Island, mulai Khai Island, yaitu pulau kecil dengan banyak ikan-ikan hias dipinggir pantai, Viking Cave, snorkeling di Monkey island, dan terakhir tujuan utama bagi banyak turis, Maya Bay, sebuah film set Beach oleh Leonardo Di Caprio. Biasanya, peserta tur akan dibawa makan siang ke Phi Phi Don sambil local shopping. Tur ke Phi Phi Island hanya dapat dilayani bila cuaca mendukung dan otoritas laut Phuket tidak akan memberikan ijin berlayar bila kondisi laut tidak bersahabat.

Tip dan trik:

1. Di Prangin Mall Komtar Penang tersedia banyak agen perjalanan yang menjual tiket Hat Yai dan Phuket. Untuk ke Hat Yai transportasi yang umum digunakan adalah minivan dengan harga 30 MYR per orang, sedang ke Phuket via Hat Yai adalah 68 MYR per orang. Namun, setiap hotel juga siap membantu membooking tiket ke Hat Yai dengan mengutip tambahan 5 MYR, jadi 35 MYR/ orang. Namun, sangat disarankan untuk mengambil tiket secara terpisah, menghindari pembelian tiket langsung ke Phuket karena cara ini sangat ribet dan tidak nyaman karena kita akan di oper beberapa kali di banyak tempat. Perjalanan dengan minivan ditempuh biasanya dalam waktu 4 jam. Minivan akan berhenti di Bukit Timah Hitam, kantor imigrasi perbatasan Malaysia dan Sadao border di Thailand untuk cap paspor. Supir minivan sesuai permintaan akan mengantar anda ke terminal bis Hat Yai. Selain itu, anda tentu saja dapat men charter minivan dengan harga 300 MYR dari Penang ke Hat Yai atau sebaliknya dari Hat Yai ke Penang dengan harga charter 3000 Bath per minivan. Harga tiket bus dari Hat Yai ke Phuket bervariasi tergantung fasilitas bis. Tiket ekonomi adalah 300 Bath per orang dan bis eksekutif 425 Bath per orang. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, pilihlah tempat duduk diatas untuk kelas eksekutif. Berikut link untuk harga bus dan jam berangkat: http://www.sawadee.com/transfer/bus-hatyai.htm. Begitu pulangnya, anda dapat ke terminal bus Phuket dengan taksi di Patong dengan harga 500 Bath.

2. Di Hat Yai, jika anda memiliki waktu, ada pasar lokal, Kim Yong yang menjual segala jenis produk kacang-kacang impor dengan harga sangat miring. Misalnya almond, macadamia, mente, pistachio dan lain-lain. Harga per kilo semua jenis kacang ini adalah 300 hingga 400 Bath per kilogram. Dari pasar Kim Yong menuju terminal bus Hat Yai, anda dapat men-charter tuk tuk dengan harga 80 – 100 Bath.

3. Harga baju kaos rata-rata 100 Bath per buah dan bisa ditemukan disepanjang jalan Patong termasuk di supermarket Big C di Jungceylon Mall.

4. Bila anda berliburan dengan keluarga dan ingin menghemat, ada hotel favorit kami yaitu, Hotel Ramaz yang sangat dekat dengan seluruh lokasi wisata di Patong. Karena sering menginap disini, kami sering diberi harga terbaik 500 Bath per malam (Harga Juli 2012) dengan fasilitas air panas, TV, kopi set, dan sofa bed. Mintalah kamar yang berada di lantai 1, karena mereka memiliki 3 lantai tanpa lift. Berikut link nya www.ramazhotel.com. Bila anda seorang backpacker, Patong Backpacker Hostel adalah opsi terbaik, setiap ranjang dihargai 300 Bath/malam. Hostel ini terletak persis di samping Bang La Road.

5. Sangat disarankan untuk memperkirakan jam tiba dan datang dari dan ke Phuket untuk mempermudah anda melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya.

6. Berjalan bersama keluarga dan anak-anak, akan sangat menyenangkan bila semua bekerjasama termasuk memberikan seluruh kebutuhan anak misalnya vitamin dan makanan kesukaan mereka.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan email : nourmuhamad@yahoo.com.au

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bergembira Bersama Anak-anak Suku Bajo …

Akhmad Sujadi | | 17 September 2014 | 05:23

Nangkring dan Test Ride Bareng Yamaha R25, …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 06:48

Jokowi Menghapus Kemenag atau Mengubah …

Ilyani Sudardjat | | 17 September 2014 | 13:53

Menempatkan Sagu Tidak Hanya sebagai Makanan …

Evha Uaga | | 16 September 2014 | 19:53

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam …

Hendra Makgawinata | | 17 September 2014 | 19:50


TRENDING ARTICLES

HL Bukan Ambisi Menulis di Kompasiana …

Much. Khoiri | 7 jam lalu

Bukti, Koalisi Merah Putih Bukan Wakil …

Giri Lumakto | 10 jam lalu

Takut Prabowo, Jokowi Batalkan Perampingan …

Avit Hidayat | 10 jam lalu

Gubernur Pilihan Rakyat, Presiden Tak Layak …

Muhammad | 14 jam lalu

Ternyata Gak Gampang Ya, Pak Jokowi …

Heno Bharata | 17 jam lalu


HIGHLIGHT

Bima Arya Sukses Menghijaukan Jalanan Kota …

Masykur A. Baddal | 8 jam lalu

Kejahatan di Jalan Raya, Picu Trauma …

Muhammad | 9 jam lalu

Swakelola Pengurusan Jenazah A la Kel. …

Fajr Muchtar | 9 jam lalu

Bapak Diberi Tenggang Tiga Kali 24 Jam untuk …

Posma Siahaan | 10 jam lalu

[Fiksi Fantasi] Pelangi Iris …

Putri Kodok | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: