Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Syamsu Andika

saya mahasiswa ilmu komunikasi uin sunan kalijaga Yogyakarta angkatan 2011-2012 ...simple kan...?

Panorama Tersembunyi dan Mitos Kota Sakti Alam Kerinci

OPINI | 24 September 2012 | 14:12 Dibaca: 3889   Komentar: 0   0

sekepal tanah dari tah surga

Daerah ini terletak disalah satu kabupaten provinsi Jambi atau menempuh jarak sekitar 6 jam dari padang Sumatera Barat, daerah ini mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat sumatera ataupun diluar sumatera namun daerah ini memiliki banyak panorama indah dan dikelilingi penuh oleh bukit-bukit dengan latar yang hijau dan gunung kerinci yang juga sebagai gunung tertinggi disumatera sebagai latar utama dari daerah tersebut , daerah ini juga memliki banyak mitos-mitos yang belum terbukti kebenarannya namun masyarakat itu sendiri mempercayai bahwa mitos-mitos tersebut memang benar adanya. tidak hanya panorama dan mitos, kota sakti alam kerinci ini juga memiliki keunikan lain, yaitu dimana setiap Desa yang bertetangga satu sama lain dengan jarak 1-2 KM, tentunya masing-masing Desa tersebut memiliki nama yang berbeda namun keunikannya adalah setiap desa tersebut memiliki bahasa masing-masing, atau bahasa mereka sendiri dalam setiap desa. Mayoritas penduduk ini adalah islam, namun walaupun dikatakan sebagai mayoritas agama islam, kebanyakan masyarakat ini sendiri masih banyak yang mempercayai hal-hal mistis dan benda mistis karena sesuai dengan nama daerahnya Kota Sakti Alam Kerinci, Kerinci itu sendiri tidak bisa dikatakan seluruhnya sebagai daerah pedesaan karena dibagian ibu kota kerinci ini memiliki fasilitas yang cukup maju, seperti mall yang baru saja berdiri pada bulan agustus 2012 ini yang terletak di Desa Koto Tinggi dan juga fasilitas-fasilitas maju lainnya, namun kerinci juga tidak bisa dikatakan seluruhnya juga sebagai kota, karena memiliki daerah Hijau yang lebih banyak dibanding daerah kota itu sendiri, seperti misalkan masih banyak hutan-hutan murni, sawah luas yang membentang, dan masih banyaknya juga penduduk asli  yang berprofesi sebagai petani  serta daerah rawan, yang misalnya jika ingin melakukan keberangkatakan dari kerinci kepadang menggunakan jalur yang dinamakan pesisir, tidak menutup kemungkinan bahwa diperjalanan akan bertemu dengan macan liar ataupun Beruang tetapi itu hanya akan ditemui, pada jalan yang dikelilingi hutan dan jurang yang dilalui saat hampir memasuki perbatasan.

Panorama yang di miliki Kota Sakti Alam kerinci ini cukup banyak seperti :

1. Gao , yaitu tmpat pemandian ataupun kegiatan lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan air panas belerang, dimana air panas tersebut alami 100%, gao memiliki kolam kecil tempat dimana biasanya wisatawan merebus telur, dan juga tempat seperti danau sangat kecil yang bernama gao luluk atau telaga Dewa yang  dipenuhi dengan air

2. Masjid Agung, masjid ini memiliki keistimewaan dimana masjid ini dibangun oleh pendahulu mereka dengan menggunakan kayu tetapi tidak menggunakan Paku sama sekali dan didalam masjid ini sanggup menampung sekitar 2000 jama’ah.

3. Kebun Teh Kayuaro ,terletak dekat dengan gunung Kerinci  kebun teh ini memiliki luas yang sangat dan sangat luas ,dimana tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang dikunjungi baik dari penduduk dalam maupun luar,  berdasarkan cerita, kebun teh ini dulunya ditanam oleh para penjajah belanda, dengan membawa masyarakat imigran yang berasal dari pulau jawa, sehingga penduduk kayuaro inipun sampai saat ini menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa sehari-harinya, namun mereka sendiri tidak tahu dari jawa manakah mereka berasal. Dan juga tidak salah kalau teh ini sering diproduksi keluar negri bagian eropa terutama Belanda. Walaupun memiliki luas yang sangat luas, kebun teh tersebut masih jarang diketahui oleh orang banyak.

4. Gunung tujuh, gunug ini biasa digunakan oleh para pecinta alam, dimana setelah melalui cobaan untuk mendaki gunung tersebut, mereka akan mendapat bayaran tersendiri setelah sampai pada tujuan,,yaitu adanya danau yang dinamakan danau gunang tujuh dimana danau itu dikelilingi oleh tujuh gunung yang berjarak dekat dengan danau tersebut.

5. Koto petai, tempat ini memiliki luas yang tidak begitu luas, namun tempat ini berbentuk mirip seperti Pantai ,hanya saja tempat ini tidak memiliki laut, sebagaimana pantai biasanya.

13484513811212779455

6. Danau kaco, tempat ini memiliki warna air yang sangat indah, namun jarang dikunjungi karena tempat yang harus dilalui agak sedikit berat terutama bagi wanita

Selain kelima tempat wisata tersebut kerinci masih banyak memiliki tempat wisata yang tersembunyi lainnya, yang tidak di jelaskan secara rinci  dari tempat wisata ini,seperti :

· Air terjun 7 tingkat

· rawa ladeh panjang

· Bukit gajah

1348451677537244305

· Danau Belibis

· Bukit kayangan

· tanjung pelita

· Goa kasah

· Batu berukir

· Danau Lingkat

134845240192361996

· Air  terjun pancaro rayo

· Danau Kerinci

· Air Terjun Pendung

Tidak hanya panorama, kota sakti alam kerinci juga mempunyai beberapa mitos yang belum tentu kebenarannya, namun mitos tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar, bahwa hal itu nyata,dan salah satu acara televisi, dimana acara tersebut menbahas tentang hal-hal mitos yang ada diindonesia, mereka menyempatkan diri datang dua kali kekerinci untuk membuktikan kebenaran tersebut, dengan cara mereka, seperti menaruh kamera ditempat-tempat tertentu dan mengintai untuk mendapatkan gambar , diantaranya, mitos tentang makhluk yang dinamakan dengan uhang pandak atau orang pendek, memiliki rupa seperti kera, namun dengan postur yang lebih pendek sekitar 1 meter kurang, berbulu dan berjalan seperi manusia,dan menurut cerita, ia juga sering meninggalkan jejak dengan kaki terbalik dibagian telapak kaki sudah banyak orang yang pernah melihat makhluk ini, namun keberadaannya saat ini masih menjadi misteri, berupa apakah wujud mahkluk ini, manusia purba, atau binatang. kedua wujud tersebut sudah di ketahui  keberadaannya sejak saratus tahun silam, namun sampai sekarang masih belum ada orang yang bisa menunjukan bukti fisik dari uhang pandak tersebut dan mungkin biarlah uhang pandaktersebut.tetap menjadi misteri dan teka-teki dari Kota Sakti Alam Kerinci

.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Tim Hukum Prabowo-Hatta, Jangan Merusak …

Daniel H.t. | | 20 August 2014 | 11:53

Kabar Gembira, Kini KPK Ada TVnya! …

Asri Alfa | | 20 August 2014 | 11:16

Keluarga Pasien BPJS: Kenapa Dokter Tulis …

Posma Siahaan | | 20 August 2014 | 12:48

Saonek Mondi Sebuah Sudut Taman Laut Raja …

Dhanang Dhave | | 20 August 2014 | 12:13

Kompasiana Nangkring bareng Sun Life: …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 12:58


TRENDING ARTICLES

Inilah Nama-nama Anggota Paskibraka 2014 …

Veronika Nainggolan | 5 jam lalu

Nikita Willy Memukul KO Julia Perez …

Arief Firhanusa | 8 jam lalu

Kalau Tidak Bisa Legowo, Setidaknya Jangan …

Giri Lumakto | 9 jam lalu

Di Balik Beningnya Kolang-kaling …

Hastira | 9 jam lalu

Menebak Putusan Akhir MK di Judgment Day …

Jusman Dalle | 11 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: