Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Ihcan Vanjava

visit aja facebook: http://www.facebook.com/mazihcsaannc?ref=tn_tnmn twitter: @IHCANvanJAVA

Larangan Di GUNUNG KERINCI

REP | 02 April 2013 | 01:39 Dibaca: 31   Komentar: 0   0

1364816271604370136

DI SINI…. DI PUNCAK SUMATRA 3.805 Mdpl

Tubuhmu kekar menjulang angkasa

Tanganmu kokoh menguntai ketanah

Punggungmu memberikan sejuta kehidupan bagi manusia

Kakimu kokoh menancap di dasar tanah

Air matamu memberikan sejuta manfaat bagi kami

Sebahagian dari kami lebih mementingkan pribadi

Mengeruk dan menebang segala yang ada

Tampa rasa dosa …………..!

Di sini DI PUNCAK SUMATRA

Aku katakan kepada Mereka yang tidak Tuli Dan Buta

Bahwa Di sini, Alam kita di gerogoti

Oleh sebahagian mahluk yang tidak berhati

DI Sini, DI Puncak Sumatra

Ku katakan Kepada Ibu Pertiwi

Bahwa Kami Di Sini kan tetap Memelihara Bumi

Sebisa, dan Semampu kami

Di sini sang DWI WARNA kan selalu berkibar

Mengibaskan kedamaian dan kelestarian

UNTUK NEGERIKU TERCITA

Di Tanah Air tercinta

Indonesia 3.805

( Ihcan Van Java, 6-8 april 2012 “ Save & Clean MT kerinci 2012)

Gunung kerinci, merupakan salah satu gunung Teraktif Dan Tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 3805Mdpl yang, lebih tinggi daripada Gunung tertinggi di pulau jawa yaitu Gunung Mahameru 3676Mdpl.

Sesekali gunung kerinci bergejolak, mengeluarkan asap hitam dan juga lava pijar, tapi itulah gunung memiliki tingkatan yang fluktuatif, yang manusia hanya mampu memperediksi kemungkinan-kemungkinan yang muncul.

Gunung kerinci TERLETAK didaerah PERBATASAN ANTARA PROVINSI JAMBI DAN SUMATRA BARAT, yang konon katanya dahulu Gunung kerinci masuk dalam wilayah administrasi Sumatra barat, mengingat letaknya yang juga cukup dekat, sebelah utara dari gunug kerinci merupakan wilayah kabupaten Solok Selatan-Padang Aro.

AKSES untuk menuju gunug kerinci pada dasarnya terdiri dari TIGA PINTU masuk utama menuju kabupaten Kerinci:

1. Kabupaten kerinci VIA Sumatra Barat/ Padang. Rute ini lebih baik jika anda berada dari arah Sumatra Barat, karena posisi G.Kerinci lebih kurang 250km dari Kota Padang, dan jika menggunakan Travel memakan waktu lebih kurang 6 Jam perjalanan. Anda dapat langsung berhenti di kaki gunung kerinci, tepatnya di Kecamatan kayu aro, desa Desa Kersik Tuo. Karena disini banyak terdapat Home Stay bagi anda para pendaki-pendaki pendatang dari jauh. Disini terdapat SIMPANG MACAN yang merupakan symbol jalan menuju PINTU RIMBA yang jauhnya sekitar lebih dari 2 km, sebelumnya terdapat pos penjagaan R10, untuk mendata para pendaki tapi terkadang jarang ada petugas yang standby.

2. Kabupaten Kerinci dari Jambi, untuk anda-anda yang berencana datang ke kerinci terutama untuk kalian yang berada dari ARAH SELATAN MAUPUN TIMUR, DARI JAMBI, LAMPUNG MAUPUN SUMSEL anda dapat menuju kerinci melewati kabupaten Merangin. Dari jambi menuju ke kerinci memakan waktu lebih kurang 12 jam, anda akan tiba di Kota Sungai Penuh kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan angkot menuju kecamatan kayu aro lebih kurang 1 jam.

3. Kabupaten kerinci VIA tapan, ini untuk anda-anda yang berada di daerah barat seperti bengkulu dan pesisir, anda dapat menuju kerinci VIA Tapan yang memakan waktu lebih kurang 4 jam sudah tiba di kota sungai penuh.

Antusiasme para wisatawan domestic dan mancanegara seharusnya menjadi Perhatian Tersendiri Pemerintah, perhatian khusunya terhadap AKSES JALAN MASUK KE KABUPATEN KERINCI YANG TELAH LAMA TERBENGKALAI, hampir lebih dari 20 puluh tahun akses jalan tidak membaik.

Semoga dengan Perbaikan Akses Jalan, akan mendatangkan dan meningkatkan minat wisatawan ke Kabupaten Kerinci, untuk menikmati segala Anugrah Tuhan yang terbentang di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Rute Pendakian Gunung Kerinci 3.805 Mdpl

Setelah anda tiba di kecamatan kayu aro, anada akan bertemu dengan SIMPANG MACAN yang terletak di Desa Kersik Tua yang merupakan Pintu Gerbang Menuju Awal Pendakian Gunung Kerinci. Dari Simpang Macan Menuju R10 ( BaseCamp/ kantor pendataan pendaki) kira-kira berjarak 1 km, kemudian DARI R10 MENUJU PINTU RIMBA JUGA BERJARAK LEBIH KURANG 1KM.

Pada umumnya, gunung kerinci memiliki TIGA BUAH POS DAN TIGA BUAH SHELTER. Berikut adalah rincian jarak dan medan yang harus di tempuh.

1. POS 1

Merupakan pos awal yang terdekat daripada pintu rimba, pos ini tersedia sebuah Pondok yang memungkinkan anda untuk sekedar berteduh atau membuat Tenda, jika anda merasa terlalu malam ketika mendaki. Dari pintu rimba membutuhkan lebih kurang 1 jam perjalanan (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda), dengan medan yang masih agak rata, dan terdiri dari pepohonan besar, dan masih banyak terdapat hewan-hewan hutan.

Sebagai saran, sebaiknya pendakian dilakukan tidak terlallu siang, sehingga kita dapat tiba di shelter 3 masih sore, sehingga kita dapat menikmati SUNSET dan Mencari kebutuhan Air jika kondisi stok air menipis, akan tetapi ada baiknya membawa stok air yang cukup sehingga tidak perlu lagi mencari air, karena sumber mata air cukup berada di jurang yang lumayan curam.

2. POS 2

Setelah perjalanan lebih kurang satu jam (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda anda akan tiba di Pos 2, disini medan yang ditemukan masih berupa hutan belukar. Disini tidak terdapat PEMONDOKAN, akan tetapi terdapat sebuah lapangan kecil yang juga dapat anda jadikan camping jika dalam kondisi mendesak. Juga terdapat sumber air, lebih kurang 100 Meter Arah Kiri .

3. POS 3

Setelah berjalan yang sedikit mulai menanjak, dengan tanaman sekitar semakin lebat di sekitar jalan membutuhkan waktu yang juga kira-kira 1 jam (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda. Di pos 3 juga terdapat PEMONDOKAN KECIL, yang dapat dimanfaatkan untuk camping atau sekedar istirahat atau berteduh ketika hujan.

4. SHELTER 1

Pejalanan dari POS 3 menuju SHELTER 1 lebih menanjak, akan tetapi poho-pohon masih cukup besar di sekelilingnya, membutuhkan waktu lebih lama bisa mencapai 1 Jam Lebih (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda), jika kondisi cerah waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, di SHELTER 1 hanya terdapat sebuah tempat lapangan kecil yang juga bisa dijadikan tempat camping sementara. Sebelumnya terdapat pondokan, namun telah rusak termakan Usia. Di SHELTER 1 masih cukup teduh,karena masih ada pohon-pohon besar.

Sebagai PERHATIAN DAN KEWASPADAAN, jika anda melakukan pendakian dalam keadaan HUJAN sebaiknya WASPADA terhadap Hewan Air Serupa Dengan Lintah, akan tapi kami menganggapnya adalah LINTAH MERAH ALA GUNUNG KERINCI. Dengan bentuk tubuh yang lumayan besar, ia paling suka dalam aliran air, ada juga yang bergelantungan di atas pohon, Intinya Jaga Kewaspadaan (LIHAT VIDEO DAN GAMBAR). Lintah tersebut terdapat sepanjang perjalanan SHELTER 1- SHELTER 2.

5. SHELTER 2

Perjalanan dari SHELTER 1 menuju SHELTER 2 lebih menanjak lagi, dengan jalanan yang lebih sempit, diapit oleh pohon-pohonan gunung yang terkadang melintang di jalan. Dengan track yang SEMAKIN MENANJAK dan cukup panjang BSA MEMAKAN WAKTU 2-3 JAM (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda), hal itu juga tergantung pada cuaca jika cuaca cerah tentu tidak memakan waktu yang begitu lama.

Setelah tiba di SHELTER 2 Terdapat tempat Pendirian Tenda, tempatnya sedikit menurun Kekiri Kira-Kira 5 Meter, Keluar Dari Jalur Menuju SHELTER 3. Disana terdapat sebuah halaman kecil yang dapat menampung Maksimal 10 Tenda, dahulunya juga terdapat pemondokan yang telah rusak termakan Usia/Manusia.

JIKA KONDISI FISIK ANDA TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK LANJUT KE SHELTER 3, ada baiknya mendirikan tenda di SHELTER 2. disitu juga terdapat MATA AIR akan tetapi agak jauh kebawah, Ada Baiknya Membawa Air Langsung Dari Bawah Sesuai Kebutuhan, mengingat kondisi sumber mata air yang kadang membahayakan.

Jika anda memutuskan untuk mendirikan tenda DI SHELTER 2, maka jika anda berniat untuk ingin mencapai PUNCAK KERINCI tepat pada waktu SUN RISE, maka anda harus MEMULAI untuk melanjutkan pendakian paling lambat jam 03.00 Wib karena, Waktu Yang Di Tempuh untuk mencapai SHELTER 3 ADALAH 1 JAM (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda).

Apalagi dengan medan yang CUKUP DAHSYAT, apalagi teruntuk bagi pendaki pemula, Hal Itu Pernah Pendaki Alami Dalam Ekspedisi “save & clean Mt Kerinci 2012”. Jika anda ingin melanjutkan ke puncak pada pagi hari, ada baiknya Barang-Barang Yang Penting Saja yang dibawa, mengingat medan jalan yang sedikit memaksa anda untuk Benar-Benar Memanjat.

6. SHELTER 3

Jika kondisi anda masih FIT DAN CUACA MENDUKUNG alangkah baiknya anda LANGSUNG MELANJUTKAN PERJALANAN KE SHELTER 3, anda akan menemukan Sensasi Pendakian yang cukup menantang. Dari Shelter 2 Membutuhkan 1 Jam Pendakian (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda), dengan jalan yang cukup exotiz memaksa anda untuk bergelantungan. Dijamin seru SHELTER 3 / SunGOkong’s track. Disini anda akan di manja dengan Sensasi Pendakian Ala Gunung Kerinci, dalam gua-gua alami dari pohon-pohonan gunung yang begitu indah.

Shelter 3 merupakan tempat CAMPGROUND terakhir bagi para seluruh pendaki, shelter 3 merupakan batas antara kehidupan tumbuhan dengan batu-batu dan pasir-pasir puncak kerinci.

Di sini juga terdapat Sumber Air, akan tetapi tempatnya agak telalu menuruni jurang, yang lumayan curam, ada baiknya membawa stok air yang cukup.

Yang juga perlu diperhatikan, bahwa SUHU dapat mencapai o’drajat bahkan Minus, jadi hal-hal untuk menhangatkan Tubuh harus diperhatikan.

Ketika hari-hari libur seperti HUT RI 17 agustus, maupun Tahun BARU SHELTER 3 IBARAT sebuah pasar malam di Puncak Gunung.

Di shelter 3 banyak terdapat TAMAN EDELWEIS, yang Seharusnya Kita Jaga Dan Lestarikan tetapi masih banyak ORANG YANG MENGAKU PENDAKI TETAPI BENGGA MEMETIK DAN MERUSAK KEKAYAAN ALAM. So jikalau anda benar-benar PENDAKI SEJATI, Rawat dan lindungi semua Yang IBU PERTIWI PERSEMBAHKAN KEPADA KITA.

7. TUGU YUDA

Untuk menuju Tugu Yuda memrlukan waktu 2 jam (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda), medan yang dihadapi lebih Menantang Dan Cukup Berbahaya, oleh karena itu dibutuhkan kondisi tubuh yang fit (tidak sakit kepala/pusing) dan mental yang sehat agar tidak strees ketika mendaki, apalagi yang PHOBIA KETINGGIAN. Hal itu, menjadi Pengalaman Penulis, ketika pertama kali mendaki Memutuskan Mundur, karena kondisi pusing dan tingkat keseimbangan tubuh yang kurang baik.

Medan menuju Tugu Yuda terdiri atas JALUR BERBATU DAN BERPASIR yang memiliki kemiringan bisa mencapai 80’ lebih, kerikil-kerikil kecil dapat membahayakan. Jadi sebelum melangkah, ada baiknya memperhatikan pijakan-pijakan kaki, dan Pastikan Bahwa Tumpuan Kaki Anda Kokoh.

Waktu pendakian menuju TUGU YUDA biasanya dilakukan para pendaki ketika pukul 03.00-04.00 wib, dengan harapan ketika sampai di puncak ketika SUNRISE muncul di ufuk timur. Dari shelter 3 –Tugu yuda mebutuhkan waktu 2 jam (Tergantung daripada kemampuan fisik seseorang yang berbeda-beda).

Tugu Yuda merupakan sebuah dataran luas, yang kira-kira mebutuhkan 1 jam perjalanan untuk mengitarinya, di Tugu Yuda terdapat sebuah Gundukan Batu, yang di atasnya terdapat NISAN sahabat kita yang kembali dalam pelukan IBU PERTIWI. Ada baiknya ketika anda mendaki sejenak berdoa di NISAN tersebut, untuk menberikan do’a kepada mereka-mereka yang WAFAT di BUMI TERTINGGI DI PULAU SUMATRA INI.

Tugu Yuda SEPERTI IBARAT GURUN PASIR YANG DIMILIKI G.BROMO 2392MDPL, Tugu Yuda dipenuhi dengan HIASAN NAMA-NAMA PARA PENDAKI, dari susunan BATU GUNUNG yang dimuntahkan Dapur Lava, apalagi jika melihatnya dari atas puncak pasti begitu indah.

8. PUNCAK 3.805Mdpl

Dari Tugu Yuda menuju puncak maksimal membutuhkan waktu 20menit, tapi jika kondisi tubuh anda fit dapat melakukan Speed yang hanya membutuhkan waktu –15 menit, jika anda telah cukup profesional.

Dari puncak, anda akan begitu menyadari betapa MAHA BESARNYA TUHAN, yang menciptakan alam ini, menjaganya dan memeliharnya. Anda akan di suguhkan sejuta hidangan oleh Ibu Peritiwi, Tanah Airnya yang ia berikan kepada bangsa ini.

Pertama yang WAJIB ada lakukan sebaiknya, mengucapkan SYUKUR anda bisa menginjakan kaki di PUNCAK PULAU SUMATRA.

Dari puncak anda dapat menyaksikan keindahan Bumi kerinci, daerah Bengkulu, Kabupaten Pesisir selatan-sumbar, kabupaten solok selatan-sumbar, Wilayah Bungo-Jambi, serta Samudra Hindia yang membentang di Bagian Barat Sumatra.

Gunung kerinci adalah gunung yang aktif, tentu saja dapur kawah kadang terlihat jelas kawah dan lavanya, akan tetapi juga akan tertutup jika kawah mengepulkan Belerang dari mulutnya. Oleh karena itu, ada baiknya menhubungi Pos Pengawas Gunung Kerinci jika ingin mendapatkan Moment yan pas untuk pendakian, dan keselamatan.

Hal –hal yang perlu anda perhatikan ketika mendaki Gunung Kerinci:

1. Hal pertama dan yang paling utama adalah Berdo’a, memasrahkan Hidup dan Mati kita, karena Gunungpun adalah CiptaaNya, jangalah lupa KEWAJIBAN ANDA jika anda umat islam melaksankan SHOLAT.

2. Jangan berkata Sombong, Takabur, Berkata-Kata Kotor.

3. Menjaga dan merawat Alam, jangan merusak tanaman, jangan membuang sampah sembarngan.

4. Jangan Berbuat maksiat, mabuk-mabuk’an dan lain sebagainya

5. Jika anda berkelompok, jangan jauh-jauh dari kelompok, usahakan tetap dalam keadaan bersama kelompok.

6. Jangan melakukan hal yang berlebih-lebihan, Jangan menimbulkan keributan seperti nyanyi-nyanyi terlalu keras.

7. Jaga Diri, Jaga Hati

PUNCAK KERINCI

ALAM ADALAH SAHABAT

MATA YANG MELIHAT

HATI YANG MERASAKAN DAN MENIKMATI

AHMAD IHSAN

20 APRIL 2012

KAYU ARO

Ahmadihcan@gmail.com

Fb : IHCANvanJAVA

Twitter : @IHCANvanJAVA

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Paser Baroe, Malioboronya Jakarta …

Nanang Diyanto | | 24 November 2014 | 14:09

Catatan Kompasianival: Lebih dari Sekadar …

Ratih Purnamasari | | 24 November 2014 | 13:17

Saatnya Kirim Reportase Serunya Nangkring …

Kompasiana | | 12 November 2014 | 11:39

Pak Mendikbud: Guru Honorer Kerja Rodi, Guru …

Bang Nasr | | 24 November 2014 | 11:48

Olahraga-olahraga Udara yang Bikin Ketagihan …

Dhika Rizkia | | 11 November 2014 | 13:41


TRENDING ARTICLES

Tjiptadinata, Menang Karena Senang …

Felix | 5 jam lalu

Butuh Rahma Azhari untuk Bekuk Filipina? …

Arief Firhanusa | 6 jam lalu

Tanggapan Negatif Terhadap Kaesang, Putera …

Opa Jappy | 8 jam lalu

Sikap Rendah Hati Anies Baswedan dan Gerakan …

Pong Sahidy | 8 jam lalu

Putra Presiden Konsumsi Babi …

Muhammad Armand | 10 jam lalu


HIGHLIGHT

Komunikasi Orang Tua dan Remaja Macet? …

Endah Soelistyowati | 8 jam lalu

Meladeni Tantangan Thamrin Sonata di …

Tarjum | 8 jam lalu

Mari Berpartisipasi Berbagi bersama Sanggar …

Singgih Swasono | 9 jam lalu

IKMASOR DIY Desak MOU Pendidikan dan …

Arkilaus Baho | 9 jam lalu

Tipe Kepemimpinan Jokowi-JK …

Gabriella Isabelle ... | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: