Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Arinda Putri

"一方のみが存在することを真実" (Conan Edogawa)

Sssttt…Yuk Kita Intip CFD Cianjur

OPINI | 12 May 2013 | 08:08 Dibaca: 480   Komentar: 1   0

Cianjur memang kota kecil, tapi siapa bilang Cianjur tidak memiliki kawasan CFD (Car Free Day)?. Sama dengan beberapa kota lainnya yang ada di Indonesia, Cianjur pun memiliki kawasan dan rute khusus bagi warganya yang ingin berolahraga atau sekedar jalan-jalan dipagi akhir pekan. Jalan Muhammad Bin Nuh, ya itulah kawasan CFD yang ada di kota kecil nan asri ini. Saya tidak ingat betul sejak kapan kawasan tersebut menjadi kawasan CFD, yang jelas warga Cianjur, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan, menyambut keberadaan CFD itu dengan suka cita. Hal tersebut terlihat dari banyaknya masyarakat yang setiap hari Minggu pagi mengunjungi kawasan ini, dari mulai para lansia, dewasa, remaja, anak-anak bahkan balita pun ada. Mereka datang ke tempat itu dengan berbagai alasan dan tujuan, tapi sebagian besarnya memilih aktivitas olahraga sebagai tujuan utama.

Jika dibandingkan dengan CFD yang ada di kota-kota lain, terutama di kota besar seperti Bandung, tentu saja berbeda meskipun tidak terlalu jauh perbedaannya. Akan tetapi kalau boleh saya berpendapat, suasana CFD di Cianjur lebih terasa nyaman, kenapa? Pertama, lingkungan sekitar kawasan CFD merupakan kawasan yang tidak terlalu padat penduduk, apalagi padat pertokoan. Di kawasan tersebut kita masih bisa menemukan lahan terbuka hijau yang cukup menyejukkan mata tatkala suasana masih pagi dan pastinya jauh dari hingar-bingar lalu lintas dan lampu merah. Kedua, CFD ini merupakan salah satu jalur lalu lintas yang cukup tertata rapi, posisi perumahan, beberapa ruko terlihat lebih tertata, demikian halnya dengan keberadaan beberapa sekolah dan kampus, nampak bersinergi. Ketiga, udara yang ditawarkan di CFD Cianjur masih jauh terasa lebih sejuk dan asli, selain itu mata kita pun akan dimanjakan dengan view Gunung Gede yang menawan, terlihat begitu dekat dan sangat indah. Jika beruntung, kita bisa menyaksikan semburat cahaya matahari yang memecah selimut kabut di puncak gunung itu, bagus sebagai objek atau background foto. Keempat, hal yang tak kalah penting dan menarik dari CFD Cianjur adalah berbagai jajanan yang super murah jika dibandingkan dengan kawasan CFD di kota lain. Menu hampir sama bahkan ada menu-menu jajanan yang hanya ada di Cianjur, ada cemilan dengan beraneka macam jenis dari mulai cemilan super pedas, asin, gurih hingga manis, makanann berat dengan beragam selera sampai nasi liwet, mainan anak-anak hingga elektronik dan aksesoris bahkan sampai sayuran segar dengan harga miring ada di sini. Kelima, bagi anda yang tergabung dalam komunitas hobi, anda pun bisa menemukannya di CFD Cianjur. Di sini ada beragam komunitas, yang pernah saya temui di antaranya komunitas skateboard, komunitas sepeda, komunitas scouter, komunitas jogging track, dan lain-lain. Masih ada banyak hal yang menarik dari CFD Cianjur yang bisa anda temukan dan anda rasakan sendiri jika anda mencoba ikut serta menikmati kawasan CFD ini, dan bagi anda pecinta senam aerobik, di CFD ini pun anda bisa memilih dan ikut bergabung dengan komunitas atau kelompok maupun penyedia layanan senam aerobik. Ada banyak pilihan untuk anda dengan berbagai rentang usia yang disesuaikan. Jika anda ingin senam aerobik yang super beat up, anda bisa bergabung dengan kelompok senam Grapari Telkomsel yang berada tepat di depan gedung Grapari Telkomsel Cabang Cianjur. Bagi anda yang ingin senam aerobik dengan lebih slow, anda bisa bergabung dengan kelompok senam Dinkes Kabupaten Cianjur yang berada di samping seberang Hypermart Cianjur, tepatnya dekat gapura menuju komplek kawasan sekolah dan kampus Al-Azhari Cianjur, dan masih banyak kelompok senam aerobik yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Rute yang ditawarkan memang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu jauh, akan tetapi dengan suasana yang nyaman, rute yang bisa dibilang cukup pendek itu terasa begitu berkesan, apalagi Pak Polisi selalu siap mendampingi dan memastikan keamanan kita selama berada di kawasan CFD ini. Jika anda tertarik mencoba CFD di Cianjur, ada bisa memulai langkah anda dari Jalan Pangeran Hidayatullah, tepatnya dari kawasan Lapangan Joglo menunju ke arah utara, yaitu Jalan Muhammad Nuh dan finish di Hypermart Cianjur atau rute sebaliknya, start dari Hypermart Cianjur dan finish di Lapangan Joglo, itu semua bisa ada atur sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Hanya saja, hal penting yang perlu anda ketahui bahwa kawasan CFD hanya berlaku disepanjang Jalan Muhammad Nuh, sedangkan kawasan Jalan Pengeran Hidayatullah adalah kawasan bebas seperti hari-hari biasa, jadi anda pun patut untuk tetap berhati-hati memperhatikan lalu lintas sekitar jalanan tersebut.

Sama halnya dengan kawasan CFD lainnya, anda tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan karena sepanjang jalur CFD anda akan dengan mudah menemukan beragam jenis minuman dan makanan, dan ada yang unik juga, anda akan menemukan makanan khas Cianjur, yaitu Mochi yang dikemas dengan kemasan dan tentu saja cita rasa yang berbeda dari biasanya. Mochi apakah itu? Mudah saja, anda tinggal jeli mencari stand-stand bertuliskan Mochi Momi dan di sanalah anda akan menemukan dan mendapat Mochi yang sesuai dengan selera anda, bahkan jika anda beruntung, anda bisa menemukan stand Mochi Momi yang menyediakan stok mochi gratis untuk anda cicipi. Masalah harga? Tidak usah khawatir, harganya merakyat, kualitas dan rasa jempolan. Nah tapi bagi anda yang tidak menyukai Mochi, anda bisa pilihan kudapan lainnya di kawasan CFD Cianjur.

Jika anda ingin menemukan makanan, kudapan, barang hingga sayuran yang lebih beragam, berarti anda harus mencoba masuk ke kawasan Lapangan Joglo. Tempat ini selalu penuh sesak setiap kali hari CFD tiba. Ya wajar saja, di sini anda bisa menemukan beragam kebutuhan harian yang super murah. Kalau di Bandung, kawasan Lapangan Joglo ini seperti kawasan Lapangan Gasibu. Meskipun tidak seluas Gasibu, tapi kalau perkara komoditi jual beli, harga dan kualitas tidak kalah kok. Di tempat ini ada banyak pedagang, dari mulai pedagang kaos kaki, baju, kerudung, sprei, jaket, ikan dan aquarium, pedagang buah, pedagang kelontong, pedagang lauk pauk, pedagang oncom, tempe, susu murni, ikan asin, sayur mayur, reseller Rabbani dan masih banyak lagi. Nah pedagang yang biasa saya incar adalah pedagang nasi kuning atau nasi uduk dan sate maranggi khas Cianjur atau pedagang soto mie khas Bogor atau pedagang kupat tahu. Wah kalau sudah menemukan tempat makan yang pas dengan lidah dan kantong, saya betah berlama-lama di sana.

Masih ada banyak cerita seru dan menarik seputar kawasan CFD Cianjur. Agar anda tahu lebih banyak dan ikut merasakan keseruannya, CFD Cianjur selalu terbuka bagi siapapun yang ingin ikut serta menikmati suasana  Cianjur dengan lebih merakyat. Selamat mencoba.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Revolusi dari Desa di Perbatasan …

Pepih Nugraha | | 23 October 2014 | 12:52

Sakitnya Tuh di Sini, Pak Jokowi… …

Firda Puri Agustine | | 23 October 2014 | 09:45

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

Pertolongan Kecelakaan yang Tepat …

M. Fachreza Ardiant... | | 23 October 2014 | 10:23

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Acara Soimah Menelan Korban …

Dean Ridone | 6 jam lalu

Dua Cewek Kakak-Adik Pengidap HIV/AIDS di …

Syaiful W. Harahap | 6 jam lalu

Singkirkan Imin, Jokowi Pinjam Tangan KPK? …

Mohamadfi Khusaeni | 8 jam lalu

Pembunuhan Bule oleh Istrinya di Bali …

Ifani | 8 jam lalu

Ketua Tim Transisi Mendapat Rapor Merah dari …

Jefri Hidayat | 8 jam lalu


HIGHLIGHT

Terapi Cahaya PINK di Rosereve Plaza …

Mila Vanila | 8 jam lalu

Menanti …

Rizki Fujiyanti | 8 jam lalu

Let’s Do Together …

Ayumulya | 8 jam lalu

Jokowi: Buah Demokrasi atau Kegagalan Total …

Jaka Pujiyono | 8 jam lalu

Banjir Melanda SMP Rehoboth Formasi …

Jurnalis Warga Samb... | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: