Back to Kompasiana
Artikel

Jalan Jalan

Gabriella Gloria Stephanie

fifteen: who i am makes a difference. 1 Timotius 4: 12

The Great World Circus - Summarecon Mall Serpong

REP | 13 May 2013 | 22:22 Dibaca: 393   Komentar: 0   0

13684582141861615726

10 mei 2013, panggung the great world circus

long weekend minggu lalu aku lalui di suatu kota yang cukup jauh dari rumahku. walau memakan waktu beberapa jam dan melawan macetnya jakarta, aku pun “berlibur” di rumah nenek moyangku. sungguh suatu pengalaman yang sangat menarik.

salah satunya adalah karena dalam liburan kali ini, kami - aku, kedua adik, ibu, dan sepupuku menonton sebuah pertunjukan sirkus. sudah cukup lama, kira-kira 5 tahun atau lebih sejak terakhir kali aku menonton sirkus. karena itu, sirkus kali ini benar-benar membuatku penasaran, semangat, dan senang.

kali ini aku ingin berbagi tentang pengalamanku bersama ‘the great world circus’ yang baru aku tonton jumat (10/05) yang lalu. yang menarik dari sirkus besar ini bukan namanya, tetapi kolaborasi antar negara yang membuatnya “great”. dalam sirkus ini, ada 19 negara di seluruh dunia yang turut berpartisipasi dalam menunjukkan aksi-aksi mereka. beberapa dari ke-19 negara itu (yang aku ingat) adalah: indonesia, australia, rusia, cina, amerika serikat, dan afrika. tentunya masih banyak lagi.

aksi dan pertunjukan yang ditampilkan juga tak kalah banyak jumlahnya. pertunjukan sirkus ini berlangsung selama 2 jam degan waktu istirahat (15 menit) di tengah acara setelah 45 menit pertunjukan pertama.

pembukaan sirkus diawali dengan berkumpulnya semua yang akan tampil dalam aksi-aksi mereka. hostnya adalah seroang gadis kecil asal rusia yang berusia 8 tahun. ia adalah pesirkus termuda saat ini. gadis kecil ini - yang maaf, aku lupa namanya - menceritakan pengalaman pribadinya tentang berada di tengah keluarga yang akan beratraksi dalam sirkus ini. ia juga yang sering menjahili badut-badut di sirkus. oh iya, aku baru menyebut kata “badut” sekali, barusan. dalam sirkus ini, badut-badut dari rusia sangat teramat menarik. bagiku, mereka adalah maskot yang tak terlupakan. aksi “kebodohan” mereka sangat meluapkan ledakan tawa dari setiap penonton yang hadir. bagian favortiku tentang badut-badut itu adalah saat salah satu dari mereka terpaksa harus berakrobat di atas tiang dan akhirnya ketakutan lalu ngompol. kemudian, ada saat badut yang lain sedang meniru penari api dari afrika yang sedang bermain lompat tali. api sedang menyala pada tali lompatan tersebut, dan dengan sengaja ditempelkan oleh para penari itu pada pantat badut yang meniru mereka tadi. tuntu saja ini ada trik yang digunakan, dan satu hal yang pasti, trik tersebut berhasil. berhasil untuk membuatku terpingkal-pingkal dan tertawa geli..

selain badut-badut lucu, ada juga aksi akrobat dan tari-tarian. para penari dan pemain akrobat selalu membuatku menganga. pertama-tama karena kelenturan tubuh mereka, saat berputar-putar di panggung maupun di udara. lalu keberanian dan nyali para pemain akrobat juga menarik perhatianku. tentunya mereka sudah banyak berlatih dan menjadi sangat mahir. dan sepertinya aku adalah orang yang mudah terkagum pada hal-hal seperti akrobat yang sering terjadi…hehehe… tapi, memang benar, tenaga dan waktu yang diluangkan para akrobat dan penari itu untuk berlatih patut diberi apresiasi.

namun, satu hal yang sangat menarik hatiku ada dalam pertunjukkan terakhir. aksi yang begitu menegangkan, menakjubkan, dan mengguncang tempat duduk para penonton… ada dua pesirkus yang berjalan dalam roda raksasa. ke-dua roda ini terhubung pada satu tiang dan seperti mainan hamster, roda ini akan berputar pada porosnya, lalu berputar seperti kincir ketika ada orang yang berjalan atau berlari dalamnya. bayangkan saja hamster dan roda mainannya! seperti itulah aksi mereka… tapi, yang menegangkan adalah ketika ke-dua roda itu berputar seperti kincir dan berdiri tegak, roda yang ada di atas kira-kira 3-4 meter tingginya dari lantai. namun dua orang yang berjalan dalam roda ini tidak lagi berjalan di dalam rodanya, tetapi di sisi luarnya! sehingga keseimbangan harus sangat diperhatikan, dan mereka harus bersama-sama bergerak agar tidak jatuh. pada atraksi penutup ini - yang adalah aksi favortiku - banyak sekali penonton yang berteriak entah karena takut atau takjub. salah tiga dari para penonton itu adalah aku, mama, dan adik perempuanku. yang jelas, kami bertiga berteriak karena ketegangan dalam aksi tersebut. bayangkan! dua orang manusia, sama seperti kau dan aku, berlari, bahkan berlompat tali dan melompat tinggi sambil berputar di atas roda-roda raksasa! mungkin penjelasanku disini kurang jelas, tetapi kalau lihat aksi sesungguhnya, sunggu seperti bermain jet-coster di dufan! cukup menantang adrenalin. karena kami semua takut, jika salah seorang dari mereka akan jatuh dari ketinggian 4 meter itu… aku penasaran, berapa lama yah…mereka sudah berlatih? intinya, aku sangat takjub dengan pertunjukkan ini. sampai-sampai pada saat aku dan keluargaku sudah keluar dari area pertunjukan sirkus, aku masih terbayang-bayang, dan bertanya kepada adikku, “sebenarnya yang atraksi siapa sih? yang main aja santai banget, lompat-lompat di udara dengan mata tertutup, gak takut kalau bisa jatuh. tapi, kita yang nonton malah yang teriak-teriak histeris ketakutan, padalah kita semua sedang duduk di kursi penonton dan tidak akan jatuh dari ketinggian 4 meter!” dan kita semua pun tertawa. hahaha…

masih banyak lagi aksi-aksi yang belum kuceritakan. ada pertunjukan binatang juga lho… tapi kali ini hanya ada anjing dan kucing. ya, walau penyelenggara sirkus sepertinya tidak bekerja sama dengan taman safari pada kali ini, tapi pertunjukan binatang-binatang domestik ini cukup menghibur hati penonton.

the great world circus ini berlangsung dalam 1 bulan penuh, dari tanggal 19 maret hingga 19 mei yang akan datang. bagi kalian yang tinggal di daerah jabodetabek, segeralah menonton, karena ini minggu terakhir lho! jangan sampai terlewatkan yah ;) saran dariku, bagi yang punya karti bca, gunakanlah untuk membayar tiket masuk karena akan mendapat diskon 50€€ persen! dan bagi yang sudah dapat tiketnya, sebaiknya datang pada area sirkus paling lambat 1 jam sebelum pertunjukan dimulai! karena tempat duduk tidak ada nomornya, penonton akan mencari tempat yang enak, dan kadang tidak mendapatkan tempat ‘enak’ itu karena sudah di dahului orang lain.

harga tiket masuk mulai dari rp.100.000 (untuk kelas 1, yaitu yang paling murah). lalu rp.250.000 untun kelas utama, hingga akhirnya rp.600.000 untuk kelas platinum dimana para pemain sirkus hanya berada 1 meter dihadapan penonton! itu saja dariku, tentang tiket masuk. tetapi, setiap sudut sepertinya cukup strategis dan pastinya dapat meliha aksi-aksi menakjubkan para pemain sirkus..

pastikan bagi kalian yang berdomisili daerah jabodetabek menonton yah! oh iya, kalau ada yang tidak tahu, lokasinya di summarecon mall serpong. di gading serpong, tangerang. nah, orang-orang jakarta barat harus nonton nih! aku aja yang dari jakarta timur bisa menyebrang ke barat untuk nonton sirkus ini. aduh, berasa seperti matahari.. hehehehe. tapi, beneran deh, sirkus yang ini jangan sampai terlewatkan yah!!!

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Hikayat Baru Klinting di Rawa Pening …

Dhanang Dhave | | 24 April 2014 | 14:57

Uniknya Gorila Bule di Pusat Primata …

Dzulfikar | | 24 April 2014 | 14:49

Kota: Kelola Gedung Parkir atau Hunian …

Ratih Purnamasari | | 24 April 2014 | 13:59

Arloji Sang Jenderal dan Si Putri …

Subagyo | | 24 April 2014 | 09:52

Mengenal Infrastruktur PU Lewat Perpustakaan …

Kompasiana | | 21 April 2014 | 15:12


TRENDING ARTICLES

Di Mana Sebenarnya MH370? Waspada Link …

Michael Sendow | 6 jam lalu

Bila Separuh Gaji Karyawan Memang untuk …

Agung Soni | 9 jam lalu

Demam Masha and Bear, Lagi-lagi Film Animasi …

Heru Andika | 13 jam lalu

Senayan, Panggung Baru Para Artis… …

Iswanto Junior | 15 jam lalu

Nasib Capres ARB (Ical Bakrie) dan Prabowo …

Mania Telo | 15 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: