Back to Kompasiana
Artikel

Kuliner

Tatit Ujiani

Seorang simbok yang di waktu luang ketak-ketik dan berandai-andai dengan keyboard komputernya, masih proses belajar selengkapnya

Liburan ke Magelang

REP | 06 January 2011 | 18:28 Dibaca: 564   Komentar: 4   0

Akhir tahun 2010 tepatnya tgl 24 hingga tanggal 26 Desember,kami sekeluarga meluangkan waktu tuk silahturahmi ke rumah bapak ibu mertuaku.Kami berangkat pagi dan sempat sandar sebentar di Magetan,berhubung tahun lalu pernah mampir ke sarangan maka kami putuskan hanya napak tilas kerja sang my suami alias ojobku.Lihat dan muter sebentar di kota magetan tanpa mampir tuk beli suvenir .Walau hati pingin karena waktu yang telah mepet dan sms berdering setiap saat akhirnya..mobil melanjutkan perjalanan ke Magelang…breeeeeeeeeeeeeeem weeeer…..

1294474071918470735

Walau perut melilit nahan lapar dan udara dingin karena mendung kutahan hanya dengan cemal-cemil makanan buat ganjal perut hanya tuk menuruti kemauan anak-anaku yang kangen dengan bebek bacem di klaten walhasil kami mampir di bebek goreng bu Warni di daerah bendogantungan sebelah pabrik gula jogonalan klaten terdapat beberapa warung bebek bacem dan soto bebek.kami sekeluarga mampir di warungnya bu suwarni karena lokasinya yang luas,jam sudah menunjukkan pk.2 siang.Agak telat juga sih tapi gak papa demi anak,yang kepeingin bebek bacem,karena di daerahku sidoarjo adanya hanya bebek goreng .Soto bebek sudah habis kami pesen bebek bacemnya. Dan buat oleh-oleh 1 ekor.1 ekor bebek bacem pake kepala dihargai 65 ribu….nyem…nyeeem…kami menyantapnya hingga tinggal tulang-tulangnya.Guaaaaaaaanaas kata anak-anakku…kasihan sang bebek..hanya tuk penggemukan mama…ujarnya……xixixixiixi..gemuk yang penting sehat leee…..

Rasa bebek bacemnya manis,dan pas nendang di lidah karena lapernya suatu saat pasti kami kan kembali jika diberi sehat dan rejeki yang barokah.

Laju melaju…kembali….mobilku setelah kami bersantap siang sejenak walau agak telat.Akhirnya kami memasuki kota muntilan,berarti tinggal beberapa kilo lagi memasuki kota magelang…yipi…sms…muncul kembali…..

12944724761537764679

Sebelum kota muntilan kami melewati pasar JUMOYO ,pasar ini terkena terjangan banjir lahar dingin.Kami berjalan padat merayap karena pasar ini jadi tujuan wisata dadakan.Wisata bencana …walah jadi inget lumpur lapindoku yang juga jadi sasaran wisata dalam negri.apalagi kalu di musim liburan.Melihat bekas terjangan banjir lahar dingin dan masih adanya batu besar besar berserakan di jalan aku jadi teringat kebesaran Allah.Ya Allah jika kau sudah berkehendak maka apapun yang terjadi akan terjadilah.Kun fayakun.Allahu Akbar.

“ma..itu batu besar apakah juga keluaran dari erupsi merapi?”tanya Afif

“ho’o lee…batu,pasir yang merobohkan pasar jumoyo,batu dan pasir terbawa arus sungai kaliputih di saat hujan deras.”

“aku pikir  hanya abu vulkanik dan awan panas aja yang keluar ma..”timpal afif

“katanya hanya wedhus gembel ….terus wedhus gembel itu apa ?”tanya lantip

“isinya ya material yang dimuntahkan dari dasar gunung berapi yaitu tadi isinya kerikil,pasir ,batu”

“Lihat ma….pasirnya tingginya setengah rumah dan ada batu guede banget di pinggir jalan.coba kalu batu sebesar itu melindas kendaraan yang lewat,alhamdulillah hanya berhenti di sebrang jalan tidak di tengah jalan ya ma…’

hehehehhehehe..kunikmati celotehan anak-anakku dan jawaban -jawaban dari bapaknya sambil tetap padat merayap melaju…walau kaki pegel dan capek tak terasa…alhamdulillah ya Allah ….kau berikan kesempatan bersama ini.

Tepat pukul 5 sore kami masuk rumah mertuaku….mereka telah menyambut di depan pintu dan tersenyum simpul melihat anak cucunya dengan selamat…Alhamdulillah..cipika-cipiki sebentar tuk melepas rindu bercengkerama,buka oleh-oleh yuuup indahnya…….

Di meja ada mendoan kesenangan anakku afif da diriku,tahu isi…siiip ……leker…diceplusi dengan lombok ijo…huah..huah..pedas….mendoan anget uenaaaaaaaak murah meriah sebiji dihargai 600 rupiah.Kalaupisang goreng kepok kuning sebiji 1000 rupiah….nyuuuuuuuuuuus kata pak bondan.

12944718731606101366Malam harinya kakak iparku menawari nasi goreng mawut atau capcai….kupilih nasi goreng mawut.Mereka beli nasi goreng mawut di pak EKO depan SMA 4 magelang.Seporsi hanya 7 ribu rupiah..lumayan murah.Nasi mawut adalah cirikhas kuliner magelang,Nasi goreng yang dicampur dengan mi serta sayuran kobis,sawi dan dikasih kecap.Kalau di sidoarjo nasi gorengnya pakai saos tomat kalau magelang cirikhasnya adalah kecapnya.mau pedas tinggal bilang lombok berapa………cukup menggoyang lidah dan menghangatkan badan di tengah dinginnya kota Magelang.Alhamdulillah

Keesokan harinya setelah silahturahmi ke tempat simbah di daerah ngupasan,kami melanjutkan makan siang di warung makan PANJIWO.Hehehehehehe…lagi-lagi ayam bakar kesukaan anakku yang kami pesan.

Ayam bakar,gurami bakar,sambel kosek,dan lalapannya,teh poci dengan gula batu,ca kangkung serta ca jamur.

Ayam bakarnya dibumbu kecap dan kemiri seperti bumbu bakaran sate….sedaaaaaaapnya kata upin..ayam..bakar…hmm…harum baunya….sikat tinggal tulangnya.Ayamnya empuk ,nendang di lidah…..jadi pengin nambah….

Sambel koseknya itu hanya dari lombok ijo dan bawang dikit diuleg kasar dan disirim dengan minyak goreng bekas gorengan bebek atau ayam..jos uenak pol…pake lalap rebusan daun singkong.

Alhasil hidangan habis tak berbekas.tinggal tulangnya….ca kangkungnya renyah tak terlalu lonyot,masih kriuk,cah jamur tiramnya lumayan juga namun bagiku agak asin. apa karena udah kekenyangan ya….tak taulah aku pokoke uenak lan leker tak bersisa.Makan di pinggir sungai lihat sawah dan jalan raya lihat arus bis dan kendaraan arah semarang.teh pocinya uenak di taruh di poci gerabah dan cangkir gerabah.Diriku seneng ama teh pocinya yang agak sepet,harum ditambah dengan gula batu sip buanget…satu poci hanya 7500…wuiiih bisa diminum ulang-ulang ginastel…legi..panas ..kentel…srupuuuuuuuuuuuut…………..ah…..

Malam harinya pingin keluar lagi namun anakku udah kelelahan dan bapaknya agak pusing alhasil hanya ndekem di rumah..ngobrol dengan bapak…ibu……eeeee….kok ada yang keluar……Ya nitip sego godog dung…hehehehhehe….dasar perut tambun minta diisi terus.Sego godog itu bahannya seperti bakmi kuah hanya dicampuri nasi dikit dengan suwiran ayam dan kekian bikinan ,uenake..pol….sip markusip……

Hari ketiga kami putuskan tuk kembali ke sidoarjo namun mau mampi ke rumah ibuku di solo.Jemput adik di jogja dan cari makan siang…..karena lupa gak ke atm dan uang di dompet hanya selembar…..hehehehe…perut keronconganpun ditahan.Muter-muter jogja yang sebelumnya udah sarapan di magelang  dengan gudeg depan rumah sakit harapan.Jalan-jalan di jogja penuh meluber…banyak mobil luar kota karena nuruti anak mbarep mau ke malioboro…tak jadi karena padatnya arus lalu lintas.Sabaar ya adikuu..anakku…tahn lapar dengan getuk magelang lan sosis dulu ya……

Mau mampir di rumah makan terapung sebelahnya mbok berek….penuh…kami lanjutkan ke klaten..e …ee…belum nemu juga restoran yang pas…aduh mana cacing di perut dah mau minta diisi…kasihaaan…adiku..anakku..maafkan simbok lan bapakmu le..maafkan mbakyumu lan masmu yo….

Mampir di miroso solo pabelan,jam 3 sore ..telaat buanget nih…pesen ayam bakar,udang goreng tepung,ca kangkung,gurame bakar,urap-urap dan nasi sebakul.

Ca kangkung disini dicampur dengan jamur kancing…uenak..cruncy..kriuk…..nak……

Udang goreng tepung juga nikmat…langsung disikat anak dan keponakan alhamdulillah senengnya berkumpul dan makan, melihat mereka tertawa lepas…..mau pesen tahu goreng tak jadi…..karena lantip keburu pengin lihat piala aff malaysia lawan indonesia.Penginnya lantip nonton di warung makan yang nyediain layar lebar buat nonton bersama.kebetulan di sebelah rumah ibuku ada warung yang menyediakanya,menu hidangannya seperti HIK (hidangan istimewa kere)hihihi….disebelahnya masih ada sawah menghijau dan tersedia LCD buat nonton bareng..berhubung hujan deres dan tak kunjung berhenti kuurungkan niatku…maaf ya lee,…lain waktu aja..sementara kita reriungan nonton bareng pake televisi yang ti sambil ditemani capcai goreng dan bakmi goreng pak sampan…ya…..kasihan yang ti dah hujan-hujan nyebrang beli mi…..sang anak..berkumpul,bercanda sampai kagak tahu yangtinya yang sepuh..dah…mau berbasah ria dinaungi payung cari maem buat cucunya…..

Yah itu tadi hasil muterku selama 3 hari sebelum jemput ibuku buat kuajak ke sidoarjo buat nemeni cucu-cucunya liburan dan tahun baruan…….

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Agnezmo Masuk Final Nominasi MTV EMA 2014, …

Sahroha Lumbanraja | | 16 September 2014 | 19:37

60 Penyelam Ikut Menanam Terumbu Karang di …

Kompas Video | | 16 September 2014 | 19:56

“Penjual” Perdamaian Aceh …

Ruslan Jusuf | | 16 September 2014 | 17:33

Musim Semi di Australia Ular Berkeliaran …

Tjiptadinata Effend... | | 16 September 2014 | 15:54

Ibu Rumah Tangga, Profesi atau Bukan? …

Mauliah Mulkin | | 16 September 2014 | 13:13


TRENDING ARTICLES

Ahokrasi, Tepat dan Harus untuk Jakarta …

Felix | 12 jam lalu

Norman K Jualan Bubur, Tampangnya Lebih Hepi …

Ilyani Sudardjat | 12 jam lalu

Suparto, Penjahit Langganan Jokowi …

Niken Satyawati | 15 jam lalu

Ganggu Ahok = Ganggu Nachrowi …

Pakfigo Saja | 16 jam lalu

Kabinet Jokowi-JK Terdiri 34 Kementerian dan …

Edi Abdullah | 18 jam lalu


HIGHLIGHT

Kalah 4-2, Persipura Masih Bisa Balas di …

Djarwopapua | 8 jam lalu

Bahasa Menunjukkan Bangsa …

Alfarizi | 8 jam lalu

Hysteria …

Moch. Mishbachuddin | 8 jam lalu

Harga LPG 12Kg (NonSubsidi) Mencapai Harga …

Yulian Amalia | 8 jam lalu

Cesky Krumlov, Kota Cantik di Republik Ceko …

Mentari_elart | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: