Back to Kompasiana
Artikel

Kuliner

Singgih Swasono

saya usaha di bidang Kuliner, dan pendiri sanggar Seni Kriya 3D Banyumas 'SEKAR'. 08562616989 - selengkapnya

Jengkol, Bahaya…

REP | 14 April 2011 | 21:32 Dibaca: 1523   Komentar: 19   3

ini  tip makan jengkol ‘aman’ (warisan leluhur, jadi tidak ilmiah)

1. masak jengkol atau makan jengkol muda jangan pakai gula jawa

2. makan jengkol muda makan juga kulitnya.

Nah karena aku termasuk aliran Jengkolisme, sudah coba berbagai olahan jengkol tua maupun yang muda..

ini mau bagi-bagi resep olahan: Resep Jengkol Pepes

Bahan :

Jengkol 1/2 kg

2 lb Daun salam

3 bt Serai

2 siung bawang merah

3 siung bawang puting

2 bj kemiri

1 ruas jari kunyit

1/4 sd teh garam

1/4 penyedap rasa

3 caber rawit keprek

daun pisang secukupnya

cara olah:

Bawang merah, bw. putih, kunyit, kemiri diuleg lembut setelah itu ditumis bau harum, masukkan serai daun salam garam penyedap cabai rawit, setelah itu masukkan jengkol. matikan apinya biarkan dulu biar meresap bumbunya. jangan lupa icip2 kurang apa? ada yang kurang rasanya tambahi dong. setelah itu bungkus dengan daun.

setelah dibungkus daun terserah anda, mau dikukus boleh, mau di tarus diatas magicjar boleh, mau dibakar boleh. nah dibawah poto ini pepes jengkol bakar, kreasi dewek :

13027729712003364776

13027733121584846824

Pepes Jengkol (Dok.Pribadi)

1302773389422192329

Pepes Jengkol (Dok. Pribadi)

Pepes jengkol ‘taste’nya beda, ada sesuatu rasa beda bila diolah seperti biasa. kering lunak bumbu meresap, aroma rempah dan rasa rempah terpadu dengan orama jengkol..ya sulit ditulis..jelas ueenaaak. tur awet ditaruh diruang terbuka 2 hari tidak bau, rasanya malah semakin ueenaak…beda. bisa buat cemilan saat minum kopi. tastenya mirip emping mlinjo..yaa bener emping mlinyo.

kapan2 coba buat sate jengkol.

.

salam kuliner kaypang

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Revolusi dari Desa di Perbatasan …

Pepih Nugraha | | 23 October 2014 | 12:52

Sakitnya Tuh di Sini, Pak Jokowi… …

Firda Puri Agustine | | 23 October 2014 | 09:45

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

Pertolongan Kecelakaan yang Tepat …

M. Fachreza Ardiant... | | 23 October 2014 | 10:23

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Acara Soimah Menelan Korban …

Dean Ridone | 6 jam lalu

Dua Cewek Kakak-Adik Pengidap HIV/AIDS di …

Syaiful W. Harahap | 6 jam lalu

Singkirkan Imin, Jokowi Pinjam Tangan KPK? …

Mohamadfi Khusaeni | 8 jam lalu

Pembunuhan Bule oleh Istrinya di Bali …

Ifani | 8 jam lalu

Ketua Tim Transisi Mendapat Rapor Merah dari …

Jefri Hidayat | 9 jam lalu


HIGHLIGHT

Pak Presiden, Kok Sederhana Banget, Sih! …

Fitri Restiana | 7 jam lalu

Menunggu Hasil Seleksi Dirut PDAM Kota …

Panji Kusuma | 7 jam lalu

Penghubung Komisi Yudisial Jawa Tengah …

Muhammad Farhan | 7 jam lalu

‘Jokowi Efect’ Nggak Ngefek, …

Handarbeni Hambegja... | 8 jam lalu

Kisah Lebai Malang Nan Bimbang …

Hendi Setiawan | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: