Back to Kompasiana
Artikel

Kuliner

Adelina Putri Widyanti

Engineer yang sedang OJT di Hamamatsu-shi, Shizuoka, Jepang.. Blogger | Shoes lover | Movie addict | selengkapnya

Wisata Kuliner di Ruas Tol Cikampek

REP | 23 October 2012 | 19:38 Dibaca: 1654   Komentar: 1   1

Kalo lagi jalan2 di sekitar tol Cikampek, bingung mau makan apa?? Sini2.. Baca dulu artikel yg satu ini agar kamu jgn sampai melewatkan tempat-tempat makan favorit berikut ini.. *based on my experience :)

1. Pepes Walahar

Restoran yg satu ini bertema Sunda (alias ‘ngariung’), dan letaknya ada di daerah Klari (Karawang Timur). Bole dibilang tempat ini laris manis di daerahnya.. Setiap saya makan disana, pasti selaluuuuu rame..

Hidangan khasnya adalah PEPES. Jenis pepesnya pun macam2, ada pepes ayam, pepes tahu, pepes teri, pepes ikan, dan masih banyak lagi. Buat yang gak suka pepes, ayam bakar juga menu yang enak kok, apalagi kalo disajikan dgn lalapan dan sambel terasi.. Yummmyyyy… Suasana di sana juga khas Sunda-lah..apalagi ditemenin dgn suara soang yg saling bersahutan merdu.. Hehehe

1351233183156877290

Pepes Walahar

Nah yang unik dari tempat ini adalah jalan menuju kesana. Kalo kamu exit dari gerbang tol Karawang Timur (Km.53), maka kita selanjutnya akan melewati jalan penuh liku dan melintasi persawahan.. Dan ketika akan mendekati lokasi, maka kita harus melewati satu jembatan. Jembatan Walahar kayaknya namanya. Jembatan yang sekaligus merupakan pintu air ini, dibawahnya terdapat bendungan dgn aliran yg cukup deras. Pas ngelewatin jembatan itu, maka kita akan merasakan sensasi yg beda bangeeeett (klo dibandingin pas kita ngelewatin jembatan2 biasa). Saya aja gak tahan pingin mengabadikan pemandangan disitu..

Jembatan ini hanya cukup untuk satu mobil. Jadi kalo mau lewat ya harus gantian dgn mobil dari arah berlawanan. Kalo soal harga, saya gak tau pasti.. Tapi kayakna standarlaahhh dgn kantong.. Jadii, kalo lewat Karawang, jangan lupa di-icip2 yah Pepes Walahar-nya.

2. Sate Maranggi

Widdiiihh.. Kalo yg satu ini mah kayakna uda terkenal seantero Cikampek dan sekitarnya. Yup! Sate Maranggi! Dari namanya udah ketauan kalo disini menu utamanya adalah SATE! Kalo mau kesini, kamu bisa keluar gerbang tol Cikampek trus belok kanan ke arah Purwakarta. Dan begitu memasuki area restoran yang berada di antara pepohonan karet, maka yang pertama kali kita lihat adalah kepulan asap yang membubung di tengah2, sambil tercium aroma khas kambing.. Hehe

Setiap harinya, entah berapa ayam, kambing, dan sapi yang harus meregang nyawa hanya untuk disantap oleh para fans fanatik sate Maranggi. Empat kali gw kesana, dan empat kali pula gw melihat Maranggi bejubel dgn org. Isinya juga bukan sembarang org, kebanyakan dari mereka adalah ex-mud kerah putih dan org2 berseragam pabrik. Hmm.. Nampaknya mereka adalah para pekerja yg lokasi kerjanya gak jauh2 dari Cikampek ato masi di kawasan industri di sekitar situ.

1351235033236473725

Sate Maranggi Menggugah Selera

Kalo makan sate Maranggi, pastikan kamu juga memesan juga es kelapa Cibungur. Itu uda satu paket deh! Es kelapanya akan disajikan bukan dalam gelas kaca yg bagus, tp dalam gelas stainless steel yg volumenya hampir setengah liter. Siap2 kembung tuh perut! Haha..

Meskipun udah cukup kenyang menyantap sate Maranggi yg gede2 plus nasi timbel, jgn lupa buat pelengkapnya dipesen juga tahu goreng, karedok, atau sop! Dijamin tambah enaaakkk..

3. Alam Sari

Ini dia satu lagi restoran ‘ngariung’ yang ga boleh dilewatkan.. ALAM SARI! Di sepanjang ruas tol Cikampek, setau gw ada 2 cabang restoran Alam Sari. Yang pertama di daerah Karawang, dan yang satu lagi di daerah Cikampek. Yang pernah gw kunjungi beberapa kali adalah yang di daerah Cikampek. Untuk menuju ke sini, kamu cukup keluar gerbang tol Dawuan (Km. 68), dan restoran ini letaknya sekitar 2 km dari situ.

Apa siy yang berbeda dari Alam Sari? PEMANDANGAN. Karena lokasinya yang berada di pinggir danau buatan sekaligus di pinggir tol, maka tempat ini bener2 menghidangkan suasana yg menyegarkan. Apalagi restorannya sendiri sudah terkesan etnik dan elegan. Cocok buat para pecinta kuliner yang hobi foto2 kayak say.. Haha. Oya, buat yg suka bawa anak kecil kemana-mana, ga bakal pusing deh disini. Soalnya disini juga menyediakan area permainan anak yg memadai.

Kalo dari segi makanan, hmm yang paling sering say makan adalah ayam goreng, tumis kangkung, sop asparagus, dan jus alpukat.. Menu yang lain masih banyak kok..

Tapi sekali lagi saya gak tau range harganya.. Maklum, makannya sama partner siy.. Hehe

Nahh..itu dia sedikit info tempat makan asyik buat kamu yg mgkn pny rencana eksplorasi daerah Cikampek dan sekitarnya.. Kalo ada referensi baru lagi, akan segera kukabarkan.. Ciaaoo!! :D :D

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Emak, Emang Enak Nunggu Kereta Sambil …

Masluh Jamil | | 27 November 2014 | 05:41

BBM Naik, Pelayanan SPBU Pertamina …

Jonatan Sara | | 27 November 2014 | 01:16

Nangkring bareng Litbang Kementerian …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 19:25

Munas Golkar Tak Diijinkan di Bali Pindah …

Akhmad Sujadi | | 27 November 2014 | 00:00

Ikuti Lomba Resensi Buku “Revolusi …

Kompasiana | | 08 November 2014 | 15:08


TRENDING ARTICLES

Menteri Dalam Negeri dan Menko Polhukam …

Hendi Setiawan | 10 jam lalu

Menguji Kesaktian Jokowi Menjadi Presiden RI …

Abdul Adzim | 11 jam lalu

Kisruh di Partai Golkar, KMP Pun Terancam …

Adjat R. Sudradjat | 11 jam lalu

Riedl: Kekalahan Dari Filipina Buah Dari …

Hery | 12 jam lalu

Maaf Anang, Aurel Tak Punya Suara dan Aura …

Arief Firhanusa | 17 jam lalu


HIGHLIGHT

Museum Basoeki Abdullah …

Agung Han | 8 jam lalu

Prabowo Seharusnya Menegur Kader Gerindra …

Palti Hutabarat | 8 jam lalu

Yummy, Manis krenyez krenyez Meringue avec …

Imam Hariyanto | 9 jam lalu

Kiprah Ibu-Ibu Masyarakat Biasa di Tangerang …

Ngesti Setyo Moerni | 9 jam lalu

Potret Susi Pujiastuti Wanita Indonesia yang …

Imam Kodri | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: