Back to Kompasiana
Artikel

Kuliner

Dyas Citra

Communication Science Student

Wisata Kuliner ala Kantong Mahasiswa di Malang

OPINI | 17 March 2013 | 19:21 Dibaca: 5022   Komentar: 0   1

Kota Malang terkenal akan keindahan alam dan udaranya yang sejuk. Kota yang berada di dataran tinggi ini dikelilingi oleh Gunung Arjuno Welirang, Gunung Kawi-Panderman, Gunung Bromo-Semeru. Bila anda bangun di pagi hari dan berjalan-jalan, akan terlihat pemandangan mengagumkan yaitu perpaduan unik kota Malang yang sudah modern namun masih dapat terlihat pemandangan pegunungan sekitar anda. Malang cukup terkenal sebagai destinasi wisata di pulau Jawa karena keindahan alam tersebut dan cukup banyaknya fasilitas wisata yang tersedia di kota ini. Salah satu andalan kota di provinsi Jawa Timur ini adalah kulinernya yang unik dan tidak kalah bersaing dengan kuliner di daerah lainnya. Macam-macam panganan enak di Malang sebagian besar dijual dengan harga yang sangat terjangkau karena Malang merupakan kota pendidikan dimana banyak mahasiswa yang merantau ke kota ini. Bisa dibilang, sebagian besar kuliner di Malang harganya sesuai kantong mahasiswa. Dibalik Bakso Malang yang terkenal, masih banyak kuliner unik nan sedap di Malang. Inilah sebagian kecil panganan yang dapat menggeser posisi jarum di timbangan anda. Selamat makan!

Mie Setan

13635200811261996399

Sumber gambar: malang-guidance.com

Jangan tertipu oleh namanya yang seram, karena makanan satu ini sungguh bikin ketagihan bagi si pecinta pedas. Mie setan merupakan mie pasta yang digoreng dengan sedikit minyak dengan beberapa pangsit dan siomay. Mie setan ini pedasnya memiliki level-level yang dapat anda pilih sesuai selera anda. Level 1 menggunakan 12 cabe, level 2 menggunakan 25 cabe, level 3 menggunakan 35 cabe, level 4 menggunakan 45 cabe dan level 5 menggunakan 60 cabe. Unik bukan? Mie setan ini juga merupakan pelopor mie pedas yang populer di Malang saat ini seperti mie buto ijo, mie tomcat, mie galau, dll. Cukup rogoh 8 ribu rupiah saja dari kantong anda untuk icip-icip si pedas ini.

Hot Cui Mie

1363520517166622227

Sumber gambar: verryputri.blogspot.com

Bahkan mangkoknya pun bisa dimakan! Begitu bunyi salah satu iklan restoran yang menyediakan makanan ini. Keunikan panganan ini dibandingkan dengan mie-mie lainnya adalah saus pedasnya yang khas dan kulit pangsitnya yang besar menyerupai mangkok yang disajikan didasar mie. Anda kurang suka pedas? Jangan khawatir karena juga tersedia saus yang tidak pedas. Jenis mie yang disajikan juga bermacam-macam, antara lain mie yamin dan mie jamur. Toppingnya juga macam-macam, anda bisa pilih ayam, udang, sapi, atau jamur? Semuanya mantap! Harganya berkisar antara Rp. 11.000 hingga Rp. 16.500.

Ceker Setan

1363520654391470497

Sumber gambar: angkrengan.blogspot.com

Rupanya, panganan pedas yang disebut ‘setan’ sedang popular di Malang. Setelah mie setan, ‘setan’ yang satu ini tidak kalah populer pamornya. Bahkan, di salah satu warung yang menjual ceker setan ini jika ingin membeli anda harus mengambil nomer antrian dahulu saking banyaknya pembeli yang ingin menikmati si pedas yang satu ini. Ceker setan merupakan kaki ayam (ceker) yang dilumuri dengan bumbu pedas yang lezat sekali rasanya. Jika anda tidak suka ceker, masih ada pilihan sayap ayam pedas. Harga satu buah ceker ayam hanya seribu rupiah saja! Tidak percaya? Silahkan dicoba.

Burger Buto

1363520968347341165

Sumber gambar: ikrimakhaerunnisa.wordpress.com

Burger yang satu ini bukan burger biasa. Burger ini berukuran besar sehingga dinamakan buto yang artinya raksasa. Panganan ini berbentuk bundar dengan diameter 17 cm. Selada, mentimun dan daging ham sapi diselipkan diantara si buto ini. Terdapat tambahan isi yang dapat anda pilih seperti keju dan telur. Puaskan perut anda dengan cukup 10 ribu rupiah saja.

Tahu Crispy dan Jamur Crispy

13635211521410999164

Sumber gambar: ochitz.blogspot.com

Cemilan yang satu ini banyak ditemui di Malang. Tahu crispy dan jamur crispy merupakan gorengan tahu dan jamur dengan tepung crispy yang gurih. Biasanya panganan ini disajikan dengan macam-macam pilihan bumbu seperti balado, keju, pedas, dll. Untuk tahu crispy biasanya disajikan dengan petis yaitu saus berwarna hitam. Harga satu kotak berisi tahu/jamur crispy biasanya 6 ribu rupiah, namun harga ini relatif tergantung tempat anda membeli panganan ini. Di restoran atau di pinggir jalan, cemilan satu ini rasanya tetap jempolan.

Bakso Malang

13635224711377133524

Sumber gambar: news.detik.com

Bicara tentang kuliner di Malang, rasanya tidak mungkin melewatkan yang satu ini. Panganan ini merupakan andalannya arek Malang dan terkenal di kota-kota lainnya. Perbedaan Bakso Malang dengan bakso lainnya adalah banyaknya varian pendamping si bakso seperti pangsit, siomay, tahu, jeroan usus, jeroan paru, kikil, dll. Baksonya sendiri macam-macam, mulai dari bakso halus, bakso urat hingga bakso rambutan, bakso tenis, bakso goreng dan yang populer saat ini adalah bakso bakar. Yummy! Harga semangkok bakso relatif tergantung dengan jenis bakso dan varian pendamping bakso.


Referensi: halomalang.com

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

[Pileg] Pertarungan antar “Kontraktor …

Syukri Muhammad Syu... | | 23 April 2014 | 22:57

Pengalaman Jadi Pengamen Pada 1968 – 2013 …

Mas Ukik | | 23 April 2014 | 21:14

Ini yang Penting Diperjelas sebelum Menikah …

Ellen Maringka | | 23 April 2014 | 13:06

Bumiku Sayang, Bumiku Malang …

Puri Areta | | 23 April 2014 | 16:46

Kompasiana Menjadi Sorotan Pers Dunia …

Nurul | | 22 April 2014 | 19:06


TRENDING ARTICLES

Hotma Paris Hutapea dan Lydia Freyani …

Zal Adri | 14 jam lalu

Jokowi, Prabowo, dan Kurusetra Internet …

Yusran Darmawan | 16 jam lalu

Wuih.. Pedofilia Internasional Ternyata …

Ethan Hunt | 16 jam lalu

Bukan Hanya BCA yang Menggelapkan Pajak …

Pakde Kartono | 17 jam lalu

Kasus Hadi Poernomo, Siapa Penumpang …

Sutomo Paguci | 19 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: